Lebih Dari Pemenang

Selasa, 18 Agustus 2020

Bacaan hari ini: Roma 8:31-39 | Bacaan setahun: Mazmur 42-43, 2 Petrus 3



“Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” (Roma 8:31)

Pada zaman ini, hampir semua orang punya polis asuransi, bahkan pemerintahpun sudah memfasilitasi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Idealnya, jika kita sakit, ada yang menjamin biaya pengobatannya. Hal ini berbicara tentang sakit, namun tahukah ada satu jaminan yang melebihi semua itu, jaminan yang menjamin kita di dunia kini, dan di kehidupan nanti. Itulah jaminan Allah di dalam Tuhan Yesus. Paulus katakan: “Jika Allah di pihak kita (神若帮助我们= jika Allah membantu kita), siapakah yang akan melawan kita?” Ayat ini bukan saja berbicara tentang keberpihakan Allah kepada kita, anak-anak-Nya, namun juga menjelaskan bahwa Allah yang ada di pihak kita, ialah Allah yang secara aktif membantu kita, melindungi kita. Inilah yang menjadi jaminan kita.

Tahukan Anda, apa pemberiaan terbesar Allah untuk Anda dan saya, manusia berdosa? Allah memberikan nyawa Anak-Nya, Yesus Kristus, untuk mati di Golgota menggantikan kita, menyelamatkan kita, orang yang berdosa. Janganlah menilai kasih Allah hanya berdasarkan berkat yang ada pada diri kita. Percayalah, Ia mengasihimu dan kasih-Nya melampaui semua berkat materi yang Anda terima.

Berikutnya dikatakan, jika Allah sudah sedemikian mengasihi kita, siapa yang akan menggugat orang-orang pilihan-Nya? Orang-orang yang sudah dibenarkan di dalam Kristus Yesus. Terjemahan Mandarin untuk ayat 33 lebih baik (谁能控告神所拣选的人哪?有神称他们为义了). Siapa yang dapat menggugat orang pilihan Allah, orang yang sudah dibenarkan Allah? Orang Kristen bukanlah orang sempurna, karena kitapun masih hidup di dalam dunia, hidup dalam kedagingan (bisa jatuh ke dalam dosa). Namun ketahuilah bahwa keselamatanmu tidak pernah akan hilang, kasih Allah tidak akan berubah. Bukan Allah setuju dengan dosa dan kesalahan Anda, namun keselamatan dari Allah tidak akan terhalang oleh karena kelemahan manusia. Oleh karena itu, ketika jatuh, sadarlah bahwa Allah mengasihi Anda, janganlah dikelabui oleh Iblis, cepatlah berbalik, tinggalkan dosa, bertobatlah dan kembali pada Allah. Ia mengasihimu!

STUDI PRIBADI:
(1) Apakah yang telah dikerjakan Tuhan Yesus atas kita manusia berdosa?
(2) Bagaimanakah kita mengaplikasikan hidup di dalam keselamatan?

Pokok Doa : Berdoalah bagi setiap jemaat Tuhan agar mereka dapat hidup di dalam keselamatan yang dianugerahkan oleh Kristus dan mewartakan keselamatan itu kepada mereka yang belum percaya, Amin. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *