Allah Turut Bekerja

Senin, 17 Agustus 2020

Bacaan hari ini: Roma 8:18-30 | Bacaan setahun: Mazmur 40-41, 2 Petrus 2



“Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.” (Roma 8:28a)

Banyak peristiwa yang kadang terjadi di luar kemampuan kita untuk mengerti. Ada orang terpapar covid-19 dan meninggal, lalu ada yang komentar, “Ya sudahlah, memang dia orang jahat, dan bukan anak Tuhan.” Namun persoalannya lain ketika kita menyaksikan ada anak Tuhan yang baik, bahkan hamba Tuhan yang begitu mengasihi Tuhan, terpapar virus ini dan meninggal. Sulit untuk kita mengerti mengapa semua ini bisa terjadi. Pertanyaan kita yang langsung muncul adalah, benarkah Tuhan itu ada, dan jika Dia sungguh ada, apakah betul Ia mengasihi kita ?

Hal yang harus kita pahami adalah, yakinlah bahwa Tuhan ada dan Ia mengasihi kita, kasih-Nya tidak pernah berubah, walau bagaimanapun keadaan kita. Saat sehat bahkan saat sakitpun Tuhan tetap mengasihi kita, kasih-Nya tidak pernah berubah oleh karena keadaan kita. Hal kedua yang harus kita pahami adalah, Tuhan bukanlah pencipta penderitaan. Manusia menderita karena dosa, dunia sudah tercemar oleh dosa, alam-pun sudah rusak. Di dalam diri manusia yang sudah tercemar dosa dan hidup kita yang terbatas ini, sangat mungkin Anda dan saya terpapar oleh berbagai-bagai sakit-penyakit yang ada dan berkembang, dan sangat dimungkinkan anak Tuhan-pun mengalami penderitaan. Namun berita baiknya adalah, Allah turut bekerja di dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, artinya: di dalam kegagalan dan kelemahan kita, Allah sanggup mendatangkan atau dengan kata lain Allah sanggup menjadikan peristiwa yang buruk menjadi sesuatu yang baik bagi kita yang mengasihi Dia.

Sebagai anak Tuhan mari kita belajar di dalam ketidakmengertiaan kita untuk tidak cepat menghakimi Allah dan mencurigai akan kasih dan kebaikan-Nya. Mari kita belajar beriman sepenuhnya kepada Allah. Iman itu berarti kita belajar menyerahkan seutuhnya hidup kita ke dalam tangan Allah, belajar mengerti, mencari dan menjalani apa yang menjadi kehendak-Nya. Percayalah bahwa Allah itu baik, kasih setia-Nya tidak pernah berubah.

STUDI PRIBADI: Pelajaran rohani apa yang kita peroleh dari perenungan hari ini?

Berdoalah : Tuhan Yesus, tolong kami melewati berbagai pergumulan yang ada dengan tetap berharap dan hidup bersandar hanya kepada kekuatan-Mu saja, Amin. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *