Selamat Dengan Iman

Sabtu, 08 Agustus 2020

Bacaan hari ini: Roma 3:21-31 | Bacaan setahun: Mazmur 19-21, Yakobus 3



“... yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.” (Roma 3:22)

Beberapa waktu lalu hingga waktu ke depan, kita bersama mengalami sebuah musibah global yang sungguh amat besar, yakni “covid-19.” Hal pertama yang menjadi pengamatan saya adalah diborongnya pembesih tangan, antiseptik, alkohol dan bahan-bahan pencegahan lain. Tidak jarang, demi selamat dari covid-19, orang-orang tersebut membeli tanpa menyisakan untuk orang lain. Tentunya hal yang terjadi ini tidak asing lagi karena ketika kepanikan terjadi, mayoritas orang akan mengusahakan keselamatannya sendiri.

Sebuah natur manusia untuk mengusahakan keselamatan diri mereka pribadi. Namun Roma 3, dari awal pasal ini menjelaskan bahwa manusia tidak dapat lepas dari sebuah bencana yang mengancam hidup mereka yaitu “dosa.” Sekuat apapun seorang manusia berusaha lepas dari dosa, tidak akan pernah bisa mereka sempurna bersih dari dosa yang membawa mereka kepada maut. Hanya ada satu jalan keluar untuk manusia, yaitu penebusan yang Yesus lakukan untuk kita. Roma 3:22 menuliskan bahwa, “yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.” Jelaslah, bahwa karena iman, kita orang-orang percaya mendapatkan keselamatan. Maka keselamatan itu datang, jelas bukan usaha kita, melainkan karena iman di dalam Yesus. Yesus telah mendamaikan kita dengan Bapa dan yang menarik kita keluar dari maut.

Meresponi hal ini tentu kita tidak ada alasan untuk bermegah atas diri kita dan pelayanan kita di hadapan Allah. Semua yang kita dapatkan, bukan usaha kita, melainkan anugerah dan kasih-Nya. Contoh dari kesombongan ini adalah orang-orang Farisi dan ahli Taurat. Mereka mengikuti semua ajaran Taurat, namun mereka tidak memiliki iman. Mereka menjalankan semua hukum Taurat tersebut hanya untuk kebanggaan dan status sosial. Tentu keselamatan tidak ada di dalam kehidupan mereka. Mari kita memiliki iman yang kokoh dan murni – selalu percaya kepada karya penebusan yang Allah sendiri telah usahakan dalam hidup kita.

STUDI PRIBADI : Manusia berdosa tidak dapat melepaskan dirinya sendiri dari dosa, hanya dengan iman kepada Yesus Kristus, kita dapat diselamatkan.

Pokok Doa : Mohonlah pengampunan dan kekuatan yang berasal dari Tuhan agar iman kita terus dikuatkan dan ditegarkan, dalam kondisi apapun dalam kehidupan kita. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *