Penyembuhan Anak Dirasuk Setan

Selasa, 03 Maret 2020

Bacaan hari ini: Lukas 9:37-45 | Bacaan setahun: Bilangan 23-24, Lukas 18



“Dan ketika anak itu mendekati Yesus, setan itu membantingkannya ke tanah dan menggoncang-goncangnya. Tetapi Yesus menegor roh jahat itu dengan keras dan menyembuhkan anak itu, lalu mengembalikannya kepada ayahnya.” (Lukas 9:42)

Adalah seorang bapak datang memohon kepada Tuhan Yesus untuk menyembuhkan anaknya yang dirasuk setan. Bapak ini gelisah melihat kondisi anaknya yang sangat parah. Ia pernah memohon kepada para murid Yesus, tetapi mereka tidak berdaya mengusir setan itu. Lukas 9:40 menuliskan: “Dan aku telah meminta kepada murid-murid-Mu supaya mereka mengusir roh itu, tetapi mereka tidak dapat.”

Sebaliknya di dalam catatan Injil Markus 6:13 menulis, “Dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.” Jika demikian, mengapa di sini murid-murid tidak berdaya? Ada penafsir yang menyatakan bahwa sangat mungkin roh (setan) yang menguasai anak itu begitu kuatnya, sehingga para murid yang tidak memiliki iman yang besar tidak mampu mengusir roh (setan) tersebut. Kemudian Yesus berkata: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu dan sabar terhadap kamu? Bawa anakmu itu kemari.”

Dari sini kita melihat, para murid mungkin kurang yakin akan kuasa Tuhan yang diberikan kepada mereka, atau tidak percaya mereka sudah menerima mandat untuk melaksanakan tugas, atau mereka tidak tekun berdoa. Oleh karena itulah, Tuhan Yesus menegur dengan keras: “kalian tidak beriman, sehingga tidak dapat melakukan tugas yang Kuberikan.”

Pelajaran rohani apa yang dapat kita pelajari dari bagian ini? Di dalam menghadapi godaan dan dosa di dalam kehidupan kita hari lepas hari, kita seringkali gagal, sama seperti para murid Yesus yang kurang beriman atas kuasa yang Tuhan Yesus berikan. Di sisi lain, ini menunjukkan bahwa kita tidak melihat mandat yang Tuhan percayakan kepada kita. Tuhan Yesus dengan satu kalimat telah mengusir setan dan menyembuhkan anak itu, – ini mengajarkan supaya kita juga yakin dan beriman kepada kuasa-Nya, tidak mengandalkan kemampuan dan upaya diri sendiri.

STUDI PRIBADI : Apakah pelajaran rohani yang dapat kita pelajari dan terapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari?

Pokok Doa : Berdoalah bagi setiap jemaat Tuhan agar tetap mengandalkan Tuhan di dalam menghadapi berbagai godaan dan dosa. Kita yakin dan percaya bahwa Tuhan berkuasa atas segala sesuatu.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *