Kenal Tuhan, Kenal Diri

Rabu, 12 Februari 2020

Bacaan hari ini: Lukas 3:1-22 | Bacaan setahun: Imamat 13-14, Markus 15



“Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.” (Lukas 3:16)

Yohanes Pembaptis adalah seorang yang sangat populer pada zamannya. Pada ayat 15 menyatakan,”Tetapi karena orang banyak sedang menanti dan berharap, dan semuanya bertanya dalam hatinya tentang Yohanes, kalau-kalau ia adalah Mesias.” Kalimat tersebut menyatakan bahwa banyak orang sedang mempertanyakan apakah Yohanes adalah Mesias. Namun Yohanes mengenal Kristus, Sang Mesias, yang dia beritakan. Sehingga ia tahu perannya sebagai pembuka jalan bagi Sang Mesias. Ia mendorong orang untuk memikirkan “Mesias” dan pada saat yang tepat mengarahkan mereka untuk menyambut Sang Mesias.

Kita belajar bahwa Yohanes mengerjakan tugas dan panggilannya dengan sungguh-sungguh dengan cara: Pertama, mengenal Mesias sehingga ia menyadari batasan kemampuannya. Yohanes menyatakan bahwa ia membaptis orang dengan air, namun Mesias akan membaptis dengan Roh Kudus dan api. Ia hanya bisa memberitakan kebenaran, mendorong orang untuk bertobat, namun ia tidak bisa membuat mereka percaya dan bertobat. Ia menyatakan bahwa Yesus lebih berkuasa dari dirinya. Yesus, melalui karya Roh Kudus, mampu membuat seseorang menyadari kebenaran, bertobat, dan Ia sanggup mengampuni dosa. Kedua, mengarahkan setiap orang kepada Tuhan Yesus, Sang Mesias. Yohanes tidak ingin orang-orang memperdebatkan apakah ia, mesias atau bukan. Yohanes tidak memberikan sebuah kesan bahwa ia “mesias kecil.”

Sesudah menyatakan dan melakukan semua tugas dan panggilannya, Yohanes meninggal dunia karena dipenggal kepalanya atas permintaan Herodias. Hal ini adalah akibat tegurannya kepada Herodes yang menikahi saudaranya sendiri, yaitu Herodias.

Sebagai seorang murid Yesus, tidak ada seorang pun di antara kita berhak untuk mengambil alih kemuliaan yang seharusnya milik Tuhan. Sebaliknya, justru pengenalan kita akan Tuhan seharusnya mendorong kita untuk berjuang menyatakan kebenaran dan menyatakan Kristus tanpa berpikir bahwa kita telah berjasa kepada Tuhan.

STUDI PRIBADI : Apakah yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis untuk kehadiran Yesus yang adalah Mesias ?

Pokok Doa : Berdoalah bagi setiap jemaat agar menyadari setiap panggilan Tuhan atas hidupnya, yaitu supaya mereka dapat melayani Yesus dan hidup memuliakan nama-Nya.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *