Allah Sungguh Ada

Bacaan hari ini: Mazmur 14
“TUHAN memandang ke bawah … untuk melihat, apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah. Mereka semua telah menyeleweng, semuanya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.” (Mazmur 14:2-3)

Dalam salah satu bukunya yang berjudul The Grand Design, Stephen Hawking menuliskan sebuah teori yang menghebohkan. Hawking percaya bahwa bukan Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya, melainkan ada sebuah peristiwa fisika yang terjadi secara alamiah. Lebih jauh lagi, sang Ilmuwan Inggris itu kemudian berkata: “Tidak ada Tuhan di alam semesta ini.” Pernyataannya jelas membuat heboh dan memicu perdebatan. Pernyataan Hawking tentang ketiadaan Allah jelas menggemakan kembali apa yang dikatakan oleh pemazmur ribuan tahun yang silam. Pemazmur menyebutkan hanya orang bebal yang menyatakan bahwa “Tidak ada Allah” (ayat 1).

Penyangkalan akan keberadaan Allah ternyata memberikan pengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Mereka menjadi tidak takut untuk melakukan berbagai kejahatan karena tidak mau mengenal Allah dan hukum-hukum-Nya. Ketika manusia meniadakan Allah di dalam kehidupannya, ketika manusia menganggap Allah tidak lagi mampu mengintervensi sejarah manusia, maka perbuatan manusia itu pastilah busuk dan jijik (ayat 1). Mereka berbuat sekehendak hatinya, karena mereka yakin bahwa hanya merekalah yang berkuasa dan tidak ada hukum yang dapat mengatur mereka. Mereka tidak lagi berpikir akan adanya penghakiman di kemudian hari. Tidak hanya perbuatan namun pikiran mereka pun pasti sudah tercela (ayat 3). Mereka hanya akan memikirkan, merencanakan, dan mengejar apa yang menguntungkan bagi diri mereka sendiri. Bagi diri mereka, nyawa dan kehidupan orang lain sudah tidak ada artinya lagi. Tetapi Allah memberikan jaminan bahwa mereka yang menolak-Nya, akan menerima keadilan Allah pada waktunya nanti.

Mazmur ini ditulis untuk memberikan kekuatan dan pengharapan, bahwa Allah sungguh ada dan Ia terus bertindak di dalam kehidupan kita. Ia bukanlah Allah yang tertidur dan terlelap. Ia adalah Allah yang memelihara dan memimpin kehidupan kita umat-Nya.

STUDI PRIBADI: Mazmur ini mengungkapkan orang-orang yang menolak adanya Allah. Apakah konsekuensi bagi mereka yang berpikir bahwa Allah tidak ada?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi orang-orang yang menolak Allah, supaya Tuhan membuka hatinya untuk boleh percaya dan menerima DIA sebagai TUHAN dan Juruselamat hidup mereka, Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *