Keadilan Tuhan

Bacaan hari ini: Ayub 15 
“Tuhan mengadili bangsa-bangsa. Hakimilah aku, Tuhan apakah aku benar, dan apakah aku tulus ikhlas.” (Mazmur 7:9)

Ada ungkapan sinisme yang beredar di masyarakat bahwa orang jujur akan hancur. Ungkapan ini mungkin ada benarnya. Di dunia ini tidak jarang kita mendapati orang yang hidup dalam kejujuran dan kebenaran malah seolah mendapatkan kemalangan. Hukum dan keadilan diputarbalikkan untuk kepentingan pihak tertentu tanpa mempertimbang-kan kebenaran. Rupanya ini bukan hal baru, sejak kejatuhan manusia dalam dosa, apa yang benar tidak lagi menjadi favorit.

Daud tidak jarang menghadapi perlakuan tidak benar dari orang-orang di sekitarnya. Mazmur 7 diberi keterangan sebagai nyanyian ratapan Daud karena apa yang diperbuat oleh Kush, orang Benyamin. Tampaknya Daud mengalami ketidakadilan karena Kush menyebarkan fitnah terhadap Daud. Alkitab tidak menjelaskan mengenai fitnah Kush terhadap Daud, namun jelas Daud sangat disudutkan oleh fitnahan Kush tersebut. Fitnahan itu digambarkan seperti singa yang berusaha menerkam dan menyeret Daud untuk membinasakannya.

Menghadapi ketidakadilan tersebut, Daud tidak melawannya secara langsung, tetapi ia berpaling pada Allah. Daud membuka dirinya di hadapan Tuhan dan meminta Tuhan untuk mengujinya apakah ia benar telah berlaku jahat seperti yang difitnahkan kepadanya. Ia tahu Allah adalah hakim yang adil, yang tidak akan kompromi terhadap ketidakbenaran. Karena itu, Daud tidak ingin menjadi hakim atas orang-orang yang memfitnah dirinya atau menjadi pembela atas dirinya sendiri. Dia menyerahkan perkaranya kepada Allah dan percaya bahwa Allah akan menunjukkan keadilan-Nya. Ketika difitnah, Daud tidak beradu fitnah melainkan ia membuktikan ketulusannya di hadapan Tuhan.

Mungkin dunia di mana kita hidup telah menyeleweng dari kebenaran, tetapi Tuhan tidak ingin kita hidup kompromi dengan hal tersebut. Bahkan sekalipun ketika kita berusaha hidup dalam kebenaran dan kita malah mendapat kemalangan, kebenaran Tuhan tidak akan berubah. Dia adalah Hakim yang adil yang akan menghakimi sesuai dengan kebenaran-Nya.

STUDI PRIBADI:

  1. Apa yang menjadi inti dari permohonan Daud dalam Mazmur 6?
  2. Siapa Kush yang disebutkan dalam Mazmur 7?

DOAKAN BERSAMA: Berdoalah, mohon pertolongan Tuhan supaya kita senantiasa dapat menghidupi kebenaran-Nya di tengah-tengah dunia yang berlaku tidak benar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *