Tetap Rendah Hati

Bacaan hari ini: Ayub 36 “Jagalah hatimu, janganlah berpaling kepada kejahatan, karena itulah sebabnya engkau dicobai oleh sengsara.” (Ayub 36:21)

Problema penderitaan selalu menjadi pertanyaan krusial di sepanjang sejarah manusia; Jika TUHAN menciptakan segalanya baik, mengapa harus ada penderitaan? Mengapa penderitaan menjadi bagian hidup manusia? Apakah penderitaan memiliki manfaat yang baik, selain kesedihan? Dari manakah penderitaan itu datang?

Dalam percakapannya dengan Ayub, Elihu mencoba memberikan pengertian kepada Ayub, bahwa orang yang berdosa pasti dihukum oleh TUHAN; tapi sebaliknya kepada orang-orang yang benar, TUHAN memberi mereka jabatan untuk memerintah (ay. 6-7). Dengan kata lain, orang benar akan mengalami yang baik dari TUHAN, sedangkan orang fasik akan menderita karena keadilan-Nya. Lalu apa hubungannya dengan keadaan Ayub? Elihu berpikir, bahwa jika Ayub merasa benar, tetapi faktanya ia menderita, maka ada kemungkinan bahwa Ayub telah berbuat salah, dan akibatnya adalah Ayub mengalami penderitaan. Lalu apa yang harus Ayub perbuat? Elihu menyarankan agar Ayub bertobat! Jika penderitaan adalah upah dari kesalahan, maka untuk lepas dari penderitaan, seseorang harus bertobat dan berbalik dari kejahatannya. Sebaliknya, jika ia tidak mau bertobat, maka TUHAN akan memberinya hukuman.

Memang benar bahwa penderitaan bisa disebabkan karena dosa kita; sehingga penderitaan itu menjadi sebuah peringatan agar kita bertobat. Namun demikian kita harus memahami, ada kalanya penderitaan itu terjadi bukan karena kesalahan kita, melainkan karena kesalahan orang lain yang berbuat jahat kepada kita, atau karena faktor lain, di luar diri kita. Sekalipun sulit bagi Ayub memahami alasan di balik penderitaannya tersebut, namun Ayub masih tetap menjaga diri dari tindakan yang berdosa, sekalipun di sisi lain, ia tidak absen dari berkeluh kesahnya kepada TUHAN. Bagaimana dengan kita? Apa yang harus kita perbuat, jika penderitaan itu terjadi bukan karena kesalahan kita? Tetaplah rendah hati dan janganlah mengingini tindakan dosa. Namun sebaliknya, jika itu karena kesalahan kita, cepatlah memohon pengampunan dari TUHAN.

STUDI PRIBADI:

  1. Apa yang harus kita lakukan, jika penderitaan kita disebabkan karena kesalahan kita?
  2. Bagaimana sikap kita jika itu bukan karena kesalahan kita?

DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat yang sedang menghadapi kesulitan hidup agar mereka tetap teguh dalam iman kepada TUHAN dan tidak melakukan tindakan dosa atau merugikan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *