Dua Tuan

Sabtu, 17 Februari 2024

“Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” (Matius 6:24)


Pembahasan: Matius 6:24 | Bacaan setahun: Lukas 16:9-13

Kehidupan manusia dalam dunia ini selalu berkaitan erat dengan sikapnya terhadap harta, dan memiliki kecenderungan untuk selalu mencari dan menyimpan harta demi dirinya sendiri. Oleh sebab itu, setiap kita yang memiliki sikap yang benar terhadap harta, kita akan lebih menikmati sejahtera dan kita dapat melaksanakan tugas serta pekerjaan dengan baik.

Penulis Injil Matius mengingatkan para pembaca bahwa di dunia ada dua tuan (kurios) yang harus disadari oleh setiap manusia. Kedua tuan itu adalah Allah dan harta, karena keduanya memiliki kuasa yang sangat berpengaruh dalam kehidupan. Hal ini perlu kita sadari, karena siapa pun diri kita, dapat tergoda untuk memberikan komitmen yang jauh lebih besar kepada harta dibandingkan kepada Allah. Jadi setiap kita diperhadapkan kepada pilihan yang harus kita pilih dengan benar supaya kita tidak salah melangkah. Maka Matius menunjukkan bahwa Allah adalah Tuan yang benar, dalam pengertian bahwa Allah berkuasa penuh atas segala milik-Nya, termasuk kekayaan harta dunia ini. Oleh sebab itu, setiap umat Tuhan didorong untuk memilih dan mengabdi kepada Allah sebagai Tuan atas hidupnya, bukan mengabdi kepada harta kekayaan yang dimiliki. Sebab mengabdi kepada harta memberikan makna bahwa kita menaruh seluruh kehidupan kita dan kepercayaan serta memandang harta sebagai sumber jaminan dan kebahagiaan yang sejati dalam hidup ini. Dengan demikian ketika kita mengabdikan hidup kita kepada harta maka segala pikiran dan kehidupan kita bukan lagi untuk memuliakan Allah. Karena Matius dengan jelas mengingatkan bahwa kita tidak dapat mengabdi kepada dua tuan dalam hidup ini.

Marilah sebagai umat Allah yang telah mendapat kasih karunia-Nya, menyadari bahwa Allah di dalam Kristus adalah Tuan yang sesungguhnya dalam memimpin dan memelihara kehidupan kita selama di dunia, bahkan sampai kepada kekekalan. Oleh sebab itu, menetapkan prioritas untuk mengutamakan Allah adalah pilihan yang benar dan tepat.

STUDI PRIBADI: Menurut kita, mana yang lebih menyita pikiran, waktu dan tenaga dalam kehidupan ini? Mengapa kita sulit menentukan prioritas yang benar dan tepat dalam hidup?

Pokok Doa: Berdoa bagi umat Tuhan agar dalam harta yang mereka dapat tidak menjadi tuan atas hidupnya. Juga agar umat Tuhan memakai segala harta kekayaannya untuk memperluas Kerajaan Allah dalam dunia ini.

×

Matius 6 : 22-23

Hal mengumpulkan harta

22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;

23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

×

Matius 5 : 14

14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

×

Matius 5 : 39

39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

×

Matius 5 : 28

28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

×

Markus 10 : 13-16

Yesus memberkati anak-anak

13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.

14 Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.

15 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya."

16 Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.

×

Matius 19 : 13-15

Yesus memberkati anak-anak

13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.

14 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga."

15 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

×

Matius 5 : 22c

22c siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

×

Matius 23 : 17

17 Hai kamu orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan emas itu?

×

Matius 5 : 23-26

23 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,

24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

25 Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.

26 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

×

1 Yohanes 4 : 20a

20a Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta,

×

1 Yohanes 4 : 20b

20b karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *