Menjadi Mediator

Senin, 27 November 2023

“Kalau engkau menganggap aku temanmu seiman, terimalah dia seperti aku sendiri. Dan kalau dia sudah merugikan engkau ataupun berhutang padamu, tanggungkanlah semuanya itu kepadaku.” (Filemon 17-18)


Bacaan hari ini: Filemon 8-22 | Bacaan setahun: Filemon

Dalam surat Filemon kita bertemu tiga tokoh, yaitu Paulus, Filemon, dan Onesimus. Filemon, seorang yang kaya, disebut oleh Paulus sebagai teman sekerjanya. Onesimus adalah hamba Filemon, yang bertemu dengan Paulus di dalam penjara (ay. 10). Kesalahan Onesimus tidak disebutkan dengan jelas, tetapi apa yang telah dilakukan Onesimus menimbulkan kerugian yang besar bagi Filemon (ay. 18). Dalam penjaralah Onesimus dibimbing oleh Paulus, seperti seorang ayah kepada anaknya. Ia pun percaya kepada Yesus dan bertumbuh menjadi pribadi yang baru di dalam Tuhan (ay. 10-11). Dan Paulus menjadi mediator antara Onesimus dan Filemon. Ia minta Filemon untuk menerima kembali Onesimus, hamba yang pernah merugikannya. Paulus meminta Filemon untuk menerimanya kembali bukan sekadar sebagai hamba, tetapi sebagai saudara seiman dalam Tuhan Yesus. Ia bahkan bersedia menanggung segala hutang yang disebabkan oleh Onesimus demi tidak ada ganjalan bagi Filemon untuk menerima kembali Onesimus. Paulus begitu ingin agar relasi Filemon dan Onesimus dipulihkan kembali dalam kasih Kristus yang mereka percayai.

Apa yang bisa kita pelajari dari firman Tuhan ini? Pertama, Tuhan bisa memakai tiap kita menjadi mediator bagi sesama dalam persekutuan umat Tuhan. Memang tidak mudah dan terkadang kita bisa berat sebelah ketika melakukannya. Akan tetapi kita melakukannya dalam Yesus agar kasih-Nya itu yang nyata dan bekerja melembutkan hati mereka yang sedang berselisih atau salah paham. Kedua, Paulus memperhatikan Onesimus, termasuk di mana tempat yang baik untuk makin bertumbuh dan menjadi berkat sebagai orang percaya. Paulus sungguh menginginkan Onesimus bersamanya, tetapi akan lebih baik apabila dia kembali kepada Filemon (ay. 13). Dengan kembalinya Onesimus kepada Filemon maka bukan hanya rekonsiliasi yang terjadi tetapi kasih Kristus akan dinyatakan di tengah-tengah umat Tuhan dan sekitarnya melalui mereka berdua. Demikian juga bagaimana kita bisa memperhatikan pertumbuhan hidup saudara seiman yang lain, dan bukan sekadar untuk keuntungan diri kita sendiri.

STUDI PRIBADI: Selain dua pelajaran di atas, adakah hal lainnya yang Anda pelajari ketika merenungkan bagian firman Tuhan ini?

Pokok Doa: Berdoalah bagi setiap pelayan Tuhan di gereja agar diberikan hati yang saling mengasihi di dalam Tuhan, sehingga masing-masing boleh bertumbuh menjadi berkat.

×

Filemon 10

10 mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus

×

Filemon 18

18 Dan kalau dia sudah merugikan engkau ataupun berhutang padamu, tanggungkanlah semuanya itu kepadaku--

×

Filemon 10-11

10 mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus

11 --dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku.

×

Filemon 13

13 Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk melayani aku selama aku dipenjarakan karena Injil,

×

Titus 2 : 11-12

11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.

12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini

×

Kolose 1 : 20-23

20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,

22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

×

Efesus 4 : 1-4

1 Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu.

2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:

4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,

×

Efesus 4 : 11-12

11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

×

1 Korintus 1 : 24-25

24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

25 Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *