Penghiburan Bagi Yang Berduka

Kamis, 16 November 2023

“Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.” (1 Tesalonka 4:13)


Bacaan hari ini: 1 Tesalonika 4:13-18 | Bacaan setahun: 1 Tesalonika 4

Kepergian orang yang kita kasihi menimbulkan dukacita mendalam, khususnya yang setiap hari hidup berdampingan. Karena itu, kita perlu memahami kebenaran tentang mereka yang telah meninggal di dalam Tuhan. Pemahaman ini dapat menghasilkan respons yang baik.

Kepada jemaat di Tesalonika, Paulus menjelaskan tentang orang yang meninggal di dalam Kristus sebab ada indikasi kebutuhan tersebut. Jemaat merasa kehilangan orang-orang yang mereka kasihi; perasaan kehilangan ini menimbulkan kesedihan dan kebingungan luar biasa. Bagian Firman ini memberi jawaban teologis utuh mengenai pengharapan eskatologis dalam menjawab orang yang meninggal di dalam Kristus. Paulus menjelaskan: orang percaya yang telah meninggal akan dibangkitkan pada kedatangan Yesus Kristus kedua kalinya atas dasar kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Sebab itu, Paulus berkata, “Selanjutnya kami tidak mau, saudara- saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan. Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit, sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan di sorga” (1Tes. 4:13-17).

Bagian ini mengingatkan setiap umat Allah agar memiliki pengharapan yang kokoh di dalam Kristus. Pengharapan inilah yang menguatkan umat Tuhan dalam menghadapi setiap pergumulan kehidupan, penderitaan, penganiayaan, tantangan bahkan kematian. Pengharapan di dalam Kristus menjadi sumber kekuatan dan penghiburan bagi kita yang berduka untuk menjalani kehidupan ini dan mempersiapkan diri berjumpa dengan Kristus di Sorga.

STUDI PRIBADI: Apa penghiburan sejati bagi kita yang mengalami kedukaan dalam hidup ini? Bagaimanakah kita bisa mendapatkan pengharapan yang sejati di dalam Kristus?

Pokok Doa: Berdoa bagi para pengungsi bencana alam dan musibah lainnya, yang kehilangan orang-orang dikasihi. Berdoalah agar negara-negara dapat berperan serta ikut membantu menyelesaikan musibah alam ini.

×

1 Tesalonika 4 : 13-17

13 Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.

14 Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

15 Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.

16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

×

1 Tesalonika 2 : 19-20

19 Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu?

20 Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.

×

Kolose 1 : 16

16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

×

Kolose 1 : 17-18

17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

×

Kolose 1 : 19

19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

×

Kolose 1 : 20-23

20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,

22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

×

Efesus 4 : 1-4

1 Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu.

2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:

4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,

×

Efesus 4 : 11-12

11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

×

1 Korintus 1 : 24-25

24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

25 Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *