Makna Kebangkitan Kristus

Selasa, 24 Oktober 2023

“Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.” (1 Korintus 15:14)


Bacaan hari ini: 1 Korintus 15:12-34 | Bacaan setahun: 1 Korintus 15-16

Kematian adalah hal yang pasti dalam hidup. Tapi bagi orang percaya, kematian bukan akhir kehidupan, melainkan permulaan hidup kekal. Namun, gagasan kebangkitan orang mati ini tidak mudah diterima, termasuk beberapa orang di Korintus. Ketika bicara tentang kebangkitan Kristus, banyak yang tidak percaya Paulus. Meski demikian, kebangkitan Kristus adalah fakta sejarah, banyak saksi yang melihat-Nya telah bangkit.

Selain membuktikan keilahian-Nya, apa makna kebangkitan Kristus bagi orang percaya? Pertama, kebangkitan Kristus menjadi jaminan kebangkitan orang mati. Kebangkitan Yesus menjadi dasar pengharapan bagi orang percaya, bahwa mereka akan dibangkitkan kembali dalam persekutuan dengan Yesus dan diberikan tubuh kebangkitan yang mulia. Kedua, kebenaran Injil berdasar pada kebangkitan Kristus. Jika Kristus tidak bangkit berarti para Rasul salah menggambarkan Tuhan, dan mereka bisa disebut pembohong. Bila demikian, sia-sialah pemberitaan para Rasul dan sia-sialah pula iman kita. Tidak ada perbedaan antara kehidupan orang Kristen dan orang tidak percaya, semuanya akan mengalami kebinasaan. Akan tetapi, karena Kristus benar-benar bangkit, kita telah beriman kepada Tuhan yang benar. Itu menjadi pondasi penting kita menjalani hidup dengan baik dan berjuang mengerjakan tugas keselamatan selama di dunia. Ketiga, kebangkitan Kristus sebagai jaminan keselamatan. Kebangkitan-Nya memberikan keyakinan bahwa kita tidak lagi tinggal dalam dosa. Kita sudah bebas dari perbudakan dosa. Jikalau Kristus tidak bangkit, maka tidak akan ada keselamatan dan pengampunan, sebab Yesus tidak dapat menyelamatkan kita dari hukuman dosa. Dosa Adam membuat semua manusia menuju kematian yang kekal, karena itu seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dalam Kristus.

Semua manusia telah berbuat dosa dan hukumannya kematian kekal; tetapi kebangkitan Kristus menjamin keselamatan orang percaya bahwa kita akan dibangkitkan dan akan bersatu dalam persekutuan bersama Kristus.

STUDI PRIBADI: Percayakah Anda akan kebangkitan orang mati? Apakah kita dengan setia mengerjakan tugas keselamatan kita selama ini?

Pokok Doa: Bersyukurlah atas anugerah keselamatan yang diberikan Tuhan kepada kita dan mohon Tuhan untuk menolong kita untuk terus mengerjakan keselamatan kita selama hidup di dunia. 

×

1 Korintus 14 : 26

26 Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.

×

1 Korintus 13

Kasih

1 Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

2 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.

3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.

7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

8 Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

9 Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.

10 Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.

11 Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

12 Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.

13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

×

1 Korintus 13 : 9-12

9 Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.

10 Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.

11 Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

12 Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.

×

1 Korintus 6 : 10

10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

×

1 Korintus 3 : 7

11 Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

×

1 Korintus 3 : 8

8 Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri.

×

1 Korintus 3 : 9

9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *