Sikap Terhadap Pemerintah

Jumat, 13 Oktober 2023

“Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah” (Roma 13:1)


Bacaan hari ini: Roma 13:1-6 | Bacaan setahun: Roma 13-14

Tidak ada pemerintahan dalam dunia ini yang sempurna! Mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana sikap orang Kristen merespons kebijakan atau sikap pemerintah, khususnya dalam konteks kehidupan berbangsa di Indonesia?

Pertama, orang Kristen mempercayai bahwa tidak ada pemerintahan yang tidak berasal dari Allah (ay. 1-2). Artinya, Allahlah yang berkuasa atas segala yang ada dalam dunia ini, termasuk memberikan kuasa kepada pemerintah. Contohnya, ketika berhadapan dengan pengadilan Pilatus, Tuhan Yesus berkata, “Engkau tidak mempunyai kuasa apapun terhadap Aku, jikalau kuasa itu tidak diberikan kepadamu dari atas. Sebab itu: dia, yang menyerahkan Aku kepadamu, lebih besar dosanya” (Yoh. 19:11). Perkataan Yesus ini menegaskan bahwa pemerintah diberi kuasa dan bertanggung jawab kepada Tuhan. Namun ketika mereka bertindak tidak adil dan tidak benar, mereka berdosa kepada Allah, seperti Pilatus yang telah berdosa karena tidak menegakkan keadilan dan kebenaran terhadap Yesus, dan mereka yang menyerahkan Yesus kepada Pilatus, dosanya lebih besar. Itu berarti, bisa saja sebuah pemerintahan melakukan ketidakbenaran, namun semua itu kelak dipertanggungjawabkan kepada Tuhan. Namun lebih celaka adalah mereka yang secara sengaja menindas keadilan dan kebenaran. Kedua, sebagai warga negara, orang Kristen harus tunduk pada pemerintah, aktif melakukan yang baik dan bukan yang jahat, bertindak sesuai dengan hukum yang berlalu, berkontribusi dalam pembangunan melalui pembayaran pajak (ay. 3-7). Namun bagaimana jika kebijakan pemerintah merugikan orang Kristen? Bagaimanakah sikap kita? Kita tetap menghormati pemerintah, berkontribusi menegakkan keadilan dan kebenaran sesuai aturan hukum yang berlaku, dan tetap berdoa bagi pemerintah, karena Tuhan yang memberikan mereka kuasa.

Mari semua tindakan kita merupakan bagian dari tanggung jawab dan ketaatan kepada Allah, sebab pemerintah juga adalah hamba Allah (ay. 4). Perjuangkan kebaikan negeri dengan keadilan dan kebenaran berbangsa.

STUDI PRIBADI: Mengapa tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah? Bagaimana sikap orang Kristen terhadap pemerintah?

Pokok Doa: Berdoa bagi pemerintah Indonesia agar mereka diberi rasa takut akan Tuhan, menegakkan kebenaran dan keadilan dalam memimpin bangsa yang majemuk ini. Untuk pelaksanaan Pemilu 2024, berjalan dengan baik.

×

Roma 13 : 1-2

1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.

×

Yohanes 19 : 11

11 Yesus menjawab: "Engkau tidak mempunyai kuasa apapun terhadap Aku, jikalau kuasa itu tidak diberikan kepadamu dari atas. Sebab itu: dia, yang menyerahkan Aku kepadamu, lebih besar dosanya."

×

Roma 13 : 3-7

3 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.

4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

5 Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita.

6 Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah.

7 Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.

×

Roma 13 : 4

4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

×

Roma 11 : 36

36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *