Aku : Lama Dan Baru

Senin, 9 Oktober 2023

“Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.” (Roma 7:24-35, TB)


Bacaan hari ini: Roma 7:13-26 | Bacaan setahun: Roma 7

Amazing grace how sweet the sound, that saved a wretch like me. I once was lost, but now I’m found, was blind but now I see. Kutipan lagu “Amazing Grace” karangan John Newton ini menggambarkan situasi sang penulis sebelum dan sesudah mengalami pertobatan. Ia yang dulu bercela, namun oleh anugerah Tuhan, diselamatkan. Dahulu terhilang namun ditemukan; dan sebelumnya buta ”secara rohani” kini dapat melihat kembali dengan jelas siapa dirinya yang telah diselamatkan oleh anugerah Tuhan. Itulah gambaran diri John Newton yang lama dan yang baru.

Firman Tuhan ini menyatakan pergumulan Paulus akan dosa. Paulus sadar bahwa di dalam diri orang percaya mengalami peperangan rohani yang hebat karena masih hidup sebagai manusia yang penuh kelemahan dan dalam daging. Memiliki Roh Kudus, namun juga hawa nafsu daging. Tahu apa yang baik dan berkenan kepada Allah, tetapi keinginan daging masih ingin melakukan dosa. Paulus mengakui, “Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat” (ay. 19). Bersyukur Paulus tidak berhenti pada pengakuan. Paulus sadar, dengan kekuatannya sendiri, ia tidak dapat menang atas dosa. Ia berseru, “Aku, manusia celaka! Siapa yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?” (ay. 24). Jawabnya adalah: “Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita” (ay. 25). Paulus tahu bahwa dalam Kristus ada kemenangan dan kelepasan sejati.

Setiap orang Kristen tentu bergumul dengan manusia lama dan dosa. Kebiasaan buruk, karakter yang tidak memuliakan Tuhan, maupun dosa- dosa yang hanya diketahuinya dengan Tuhan. Kabar baiknya adalah ketika seseorang percaya kepada Kristus, ia menjadi ciptaan yang baru, memiliki Roh Kudus di dalam dirinya. Firman Tuhan berkata, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” (2 Kor. 5:17). Inilah identitas baru orang percaya, memiliki hidup baru dalam Kristus dan Roh Kudus akan menolong dan membimbing mereka untuk mencapai kemenangan atas dosa.

STUDI PRIBADI: Sebagai orang Kristen, sudahkah Anda hidup baru dalam Kristus? Di area mana Anda sedang bergumul melawan kedagingan? Siapakah penolong Anda?

Pokok Doa: Berdoalah agar Jemaat mengalami pertobatan sejati dan hidup sebagai manusia baru dalam Kristus. Kuasa Tuhan dalam Roh Kudus boleh menuntun, memberi kemenangan bagi pergumulan hidup Jemaat Tuhan.

×

Roma 7 : 19-20

19 Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.

×

Roma 7 : 24

24 Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?

×

Roma 7 : 25

25 Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

×

2 Korintus 5 : 17

17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *