Perselisihan Dua Hamba

Rabu, 27 September 2023

“Hal itu menimbulkan perselisihan yang tajam, sehingga mereka berpisah dan Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus.” (KPR 15:39)


Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 15:35-41 | Bacaan setahun: Kisah Para Rasul 15-16

Walaupun kita tidak menginginkannya, kadang perselisihan bisa terjadi, bahkan ketika kita sedang melayani Tuhan. Itu juga yang terjadi dalam kehidupan gereja mula-mula, yaitu perselisihan di
antara Paulus dan Barnabas yang semula merupakan rekan kerja.

Perselisihan bisa terjadi, tapi tentunya bukan berarti kita dibenarkan untuk berselisih dengan rekan sepelayanan. Perselisihan Paulus dan Barnabas bahkan berujung kepada perpisahan, karena masing-masing memilih jalan sendiri-sendiri. Namun, Paulus menunjukkan bagaimana dia belajar dan bertumbuh dari perselisihan yang terjadi. Pertama, perselisihan tidak boleh menghentikan atau merusak pelayanan bagi Tuhan. Paulus dan Barnabas memang berpisah tetapi pelayanan bagi Tuhan tetap berjalan. Perselisihan memang bisa menimbulkan sakit hati bagi satu sama lainnya, bahkan kadang bisa membuat beberapa orang menjadi kecewa bahkan meninggalkan pelayanan. Akan tetapi Paulus dan Barnabas tidaklah demikian, walau berpisah mereka tetap melayani. Kedua, Paulus menyesali perselisihan yang terjadi dengan Barnabas. Paulus tidak pernah menceritakan kisah ini dalam surat-suratnya dan dia juga tidak pernah menjelekkan atau merusak pelayanan Barnabas. Sebaliknya Paulus pada akhirnya bisa menerima Markus, yang semula dia tolak untuk melayani bersama (Kolose 4:10). Menjelang akhir hidupnya, Paulus bahkan mencari Markus untuk membicarakan kelanjutan pelayanannya (2 Timotius 4:11).

Bagaimana dengan kita? Konflik atau perselisihan bisa menjadi bagian dalam pelayanan kita di gereja, tapi jangan sampai berujung kepada keengganan kita untuk mengambil bagian dalam pelayanan. Demikian juga, jangan sampai perselisihan itu malah menjadikan kita saling menjatuhkan atau menyakiti satu sama lain sehingga menghambat pekerjaan Tuhan. Sebaliknya, kiranya perselisihan menjadikan kita makin bertumbuh dan mengandalkan kasih karunia Allah yang boleh bekerja atas kelemahan kita.

STUDI PRIBADI: Apa buktinya bahwa Paulus tidak membiarkan perselisihannya dengan Barnabas menjadikan dirinya memusuhi Barnabas dan merusak pelayanan bagi Tuhan?

Pokok Doa: Berdoalah agar Tuhan melembutkan hati Anda di tengah luka hati karena perselisihan dalam pelayanan yang muncul, dan mintalah hikmat Tuhan akan apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya. 

×

Kolose 4 : 10

10 Salam kepada kamu dari Aristarkhus, temanku sepenjara dan dari Markus, kemenakan Barnabas--tentang dia kamu telah menerima pesan; terimalah dia, apabila dia datang kepadamu--

×

2 Timotius 4 : 11

11 Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *