Melawan Konya

Minggu, 16 April 2023

“Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, bahkan sekalipun Konya bin Yoyakim, raja Yehuda, adalah sebagai cincin meterai pada tangan kanan-Ku, namun Aku akan mencabut engkau!” (Yeremia 22:24)


Bacaan hari ini: Yeremia 22:20-30 | Bacaan tahunan: Yeremia 22

Yeremia dalam pasal 22 ini memberikan sebuah nubuatan yang tegas dan keras terhadap keluarga Kerajaan Yoyakim yang jahat. Yeremia mengecam perlakuan Raja Yoyakim dan keturunannya yang korup, pada waktu itu. Raja Yoyakim dan keturunannya tidaklah memperhatikan keadilan dan kebenaran dalam kepemimpinan yang mereka kerjakan. Sedangkan, sebagai seorang pemimpin seharusnya mereka menegakkan keadilan dan menjalankan kebenaran.

Oleh sebab itu, Yeremia juga mengingatkan mereka bahwa Allah akan memberikan hukuman yang adil atas dosa yang mereka perbuat. Yeremia menegaskan bahwa Allah melihat semua tindakan dan perilaku manusia, baik ataupun buruk. Allah tidak akan membiarkan perlakuan dosa manusia berlalu begitu saja, tetapi Allah akan memberikan hukuman yang adil atas dosa-dosa yang diperbuatnya. Di sisi lainnya, melalui perikop ini kita juga belajar bahwa kekuasaan, kekayaan atau harta bukanlah segala-galanya dalam kehidupan kita. Yeremia mengecam Raja Yoyakim dan keluarganya karena mereka telah sombong, tamak akan kekuasaan dan kekayaan. Ketamakan mereka lah yang membuat mereka sebagai pemimpin kerajaan lupa akan kebenaran dan keadilan. Dengan demikian, Yeremia menegaskan bahwa kekuasaan dan kekayaan tidaklah dapat membawa kebahagiaan atau kepuasan yang sejati bagi hidup manusia.

Beberapa peringatan Yeremia ini, mendorong kita kembali memprioritaskan Allah dalam kehidupan spiritual kita untuk mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan yang sejati itu. Relasi yang intim dengan Tuhan seharusnya menjadi yang terutama dalam kehidupan manusia. Karena melalui relasi inilah kita dapat tahu, apa yang Tuhan ingin kita kerjakan, dan apa yang harus kita buang sehingga Tuhan terus menjadi yang terutama dalam kehidupan ini. Seperti firman Tuhan dalam Matius 6:33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

STUDI PRIBADI: Apa yang menjadi prioritas dalam kehidupan kita? Apakah masih Tuhan? Menurut Anda, apa yang harus kita persiapkan untuk mengutamakan Tuhan dalam hidup?

Pokok Doa: Berdoa untuk kehidupan spiritual Umat Tuhan, mengenal Allah dan terus mengalami pertumbuhan rohani. Bagi Keluarga Kristen, anggota keluarga bertumbuh secara spriritual, mental dan hidup sesuai Firman-Nya.

×

Yeremia 6 : 33

33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *