Segala Sesuatu Menjadi Baru

Minggu, 2 April 2023

“Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.” (Yesaya 65:17)


Bacaan hari ini: Yesaya 65:17-25 | Bacaan tahunan: Yesaya 65

Berbicara tentang langit yang baru dan bumi yang baru, ingatan kita mungkin langsung tertuju pada apa yang disampaikan kitab Wahyu 21:1, penglihatan tentang surga atau kehidupan yang akan datang yang diberikan kepada Yohanes. Namun ternyata janji tentang langit dan bumi yang baru juga sudah dinubuatkan dalam kitab Yesaya.

Bagaimanakah gambaran tentang langit dan bumi yang baru? Ayat 17 menyatakan bahwa sesungguhnya Allah menciptakan langit dan bumi yang baru, langit dan bumi yang sekarang kita tempati akan mengalami pembaharuan. Suatu tempat yang penuh sukacita surgawi, tidak ada tangisan dan penderitaan (ay. 18-19). Semua yang tinggal di langit dan bumi yang baru akan hidup kekal selamanya (ay. 20, 23). Manusia juga akan tetap beraktivitas, bekerja dan mereka akan menikmati pekerjaan tangan mereka (ay. 21-22). Pekerjaan bukan lagi menjadi beban berat dan fokusnyapun pasti bukan lagi untuk mengejar kekayaan. Jadi, manusia benar-benar dapat menikmati pekerjaan, berkarya seperti yang Allah kehendaki. Manusia hidup dalam relasi yang harmonis dan intim dengan Allah dan dengan seluruh ciptaan lainnya. Semua akan hidup dengan damai karena tidak ada dosa dan kejahatan di sana (ay. 24-25). Tentu ini suatu kehidupan yang berbeda dengan apa yang kita jalani saat ini. Suatu gambaran kehidupan yang begitu indah, seperti waktu manusia hidup di Taman Eden sebelum jatuh dalam dosa.

Memang langit dan bumi yang baru ini akan digenapi pada saat Yesus datang yang kedua kalinya. Namun janji itu sudah diberikan bagi kita yang percaya kepada Tuhan Yesus. Saat ini kita sedang menuju ke sana. Apakah kita percaya bahwa kelak kita akan berada di langit dan bumi baru tersebut? Apakah janji tentang langit dan bumi yang baru ini memberikan kekuatan bagi kita dalam menjalani kehidupan saat ini, bahkan ketika kita mengalami kesulitan dan tantangan? Marilah setiap kita menjalani hidup yang sepadan sebagai pewaris surga, dengan hidup seturut dengan firman-Nya sampai kita berjumpa dengan Allah yang Maha Mulia.

STUDI PRIBADI: Apakah Anda yakin bahwa janji Allah tentang langit dan bumi baru benar adanya? Siapakah yang akan menikmati langit dan bumi baru tersebut?

Pokok Doa: Berdoa untuk setiap anak Tuhan agar hidup meyakini setiap janji Tuhan dan hidup seturut dengan firman-Nya.

×

Wahyu 21 : 1

1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi.

×

Yesaya 65 : 17

17 "Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.

×

Yesaya 65 : 18-19

18 Tetapi bergiranglah dan bersorak-sorak untuk selama-lamanya atas apa yang Kuciptakan, sebab sesungguhnya, Aku menciptakan Yerusalem penuh sorak-sorak dan penduduknya penuh kegirangan.

19 Aku akan bersorak-sorak karena Yerusalem, dan bergirang karena umat-Ku; di dalamnya tidak akan kedengaran lagi bunyi tangisan dan bunyi erangpun tidak.

×

Yesaya 65 : 20

20 Di situ tidak akan ada lagi bayi yang hanya hidup beberapa hari atau orang tua yang tidak mencapai umur suntuk, sebab siapa yang mati pada umur seratus tahun masih akan dianggap muda, dan siapa yang tidak mencapai umur seratus tahun akan dianggap kena kutuk.

×

Yesaya 65 : 23

23 Mereka tidak akan bersusah-susah dengan percuma dan tidak akan melahirkan anak yang akan mati mendadak, sebab mereka itu keturunan orang-orang yang diberkati TUHAN, dan anak cucu mereka ada beserta mereka.

×

Yesaya 65 : 21-22

21 Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga.

22 Mereka tidak akan mendirikan sesuatu, supaya orang lain mendiaminya, dan mereka tidak akan menanam sesuatu, supaya orang lain memakan buahnya; sebab umur umat-Ku akan sepanjang umur pohon, dan orang-orang pilihan-Ku akan menikmati pekerjaan tangan mereka.

×

Yesaya 65 : 24-25

24 Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya.

25 Serigala dan anak domba akan bersama-sama makan rumput, singa akan makan jerami seperti lembu dan ular akan hidup dari debu. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di segenap gunung-Ku yang kudus," firman TUHAN.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *