Jangan Takut !

Sabtu, 18 Maret 2023

“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” (Yesaya 41:10)


Bacaan hari ini: Yesaya 41:8-20 | Bacaan setahun: Yesaya 40-41

Seberapa dari kita yang hidup puluhan tahun, tapi baru mengerti istilah ‘kidal.’ Artinya adalah: seseorang yang terampil/kuat menggunakan tangan kiri, sehingga ‘kidal’ ini menjadi kepanjangan “kiri dari lahir.” Uniknya, yang terampil/kuat menggunakan tangan kanan tidak diberikan istilah “kadal,” namun ‘kinan.’ Apapun istilahnya, pada umumnya, manusia lebih terampil dan sering berkegiatan, atau lebih kuat menggunakan tangan kanan atau ‘kinan.’ Sewaktu kecil, karena ‘kinan’, papa dan mama saya pun sering menggendong saya dengan tangan kanan mereka. Firman Tuhan ini menggambarkan bahwa Allah memegang kita dengan tangan kanan-Nya yang membawa kemenangan (ay. 10). Itulah simbol kekuatan Allah dalam menyatakan pertolongan bagi umat-Nya.

LAI dalam Yesaya 41:8-20 memberi tema perikopnya “Israel hamba Tuhan.” Allah menegaskan kembali pada bangsa Yehuda, dengan sebutan Israel, Yakub, dan keturunan Abraham bahwa mereka adalah umat pilihan yang Ia kasihi (ay. 8), dan terpanggil memenuhi rencana Allah (ay. 9). Ketika Allah berfirman “janganlah takut,” maka itu berarti tangan kanan Allah yang kuat akan menyertai, meneguhkan, menolong, memegang, dan membawa kemenangan (ay. 10). Selanjutnya, Yehuda akan melihat Allah menyatakan kelemahan musuh-musuhnya (ay. 11-12), menegaskan pertolongan-Nya (ay. 13-14), kekuatan agresif mereka akan mampu menyerakkan musuh mereka (ay. 15-16), dan pada akhirnya tangan Tuhan akan menyatakan pemulihan dari penderitaan karena masa pembuangan (ay. 17-20). Umat Allah tidak harus takut, karena Allah tidak tinggal diam melihat pergumulan umat-Nya. Mereka seharusnya meyakini perbuatan-perbuatan Allah dan tetap bergantung dan berserah kepada tangan-Nya yang kuat.

Manusia pernah takut; takut miskin, sakit, mati, gagal, masa depan, ditolak, kalah, dan lainnya. Ingat, Tuhan berkata: “janganlah takut.” Artinya janganlah ketakutan, kecemasan, kebimbangan menguasai kita. Sebagai umat Allah, tetapkan hati dan melangkahlah bersama Allah, karena Dialah yang menggendong kita dengan tangan ‘kinan’ yang kuat.

STUDI PRIBADI: Hal apa yang membuat seseorang takut, cemas dan bimbang? Bagaimana seharusnya sikap kita sebagai anak-anak Tuhan dalam meresponi ketakutan diri kita?

Pokok Doa: Berdoa bagi setiap anak Tuhan yang takut, cemas dan bimbang dalam menjalani hidup. Tuhan meneguhkan, menguatkan, memberi hikmat ketika berhadapan dengan tantangan serta pergumulan yang ada.

×

Yesaya 41 : 10

10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan."

×

Yesaya 41 : 8

8 Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih, keturunan Abraham, yang Kukasihi;

×

Yesaya 41 : 9

9 engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi dan yang telah Kupanggil dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: "Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau";

×

Yesaya 41 : 11-12

11 Sesungguhnya, semua orang yang bangkit amarahnya terhadap engkau akan mendapat malu dan kena noda; orang-orang yang membantah engkau akan seperti tidak ada dan akan binasa;

12 engkau akan mencari orang-orang yang berkelahi dengan engkau, tetapi tidak akan menemui mereka; orang-orang yang berperang melawan engkau akan seperti tidak ada dan hampa.

×

Yesaya 41 : 13-14

13 Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau."

14 Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel.

×

Yesaya 41 : 15-16

15 Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar; engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya, dan bukit-bukitpun akan kaubuat seperti sekam.

16 Engkau akan menampi mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau ini akan bersorak-sorak di dalam TUHAN dan bermegah di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel.

×

Yesaya 41 : 17-20

17 Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka.

18 Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering.

19 Aku akan menanam pohon aras di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak; Aku akan menumbuhkan pohon sanobar di padang belantara dan pohon berangan serta pohon cemara di sampingnya,

20 supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan TUHAN yang membuat semuanya ini dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *