Kedatangan Mesias

Minggu, 26 Februari 2023

“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.” (Yesaya 9:5)

Bacaan hari ini: Yesaya 9:1-6 | Bacaan setahun: Yesaya 8-9

Kepemimpinan baru biasanya memunculkan dua respons. Satu sisi, beberapa orang bisa cukup antusias, mengingat akan ada suasana baru atau bahkan kebijakan baru. Tetapi, di sisi lain, kepemimpinan baru juga menimbulkan kekhawatiran. Bisakah dia memimpin lebih baik? Apa dia akan lebih murah hati atau lebih tegas dibanding pendahulunya? Pikiran serupa nampaknya muncul juga di kalangan bangsa Yehuda.

Perikop ini muncul dalam konteks hukuman Allah. Bangsa Yehuda lebih memercayai bangsa Asyur ketimbang Allah. Karena itu, Allah berfirman bahwa bangsa yang mereka percayai itu nanti akan berbalik menyerang mereka. Senjata makan tuan! Namun, Allah berjanji akan menyatakan terang dan sukacita yang besar dalam kegelapan mereka. Dalam ayat 3-4 Tuhan memberi gambaran bahwa akan ada kemenangan dan damai yang besar pada akhirnya; dan di ayat 5, Tuhan memberi tahu semua itu akan terjadi saat seorang pemimpin baru lahir bagi mereka.

Seperti yang dijelaskan, kehadiran pemimpin baru bisa menimbulkan banyak pertanyaan. Tuhan nampaknya menyadari itu dan memberi tahu mereka kualifikasi pemimpin ini. Dia akan disebut Penasihat Ajaib, berarti ia pribadi yang bijaksana dan berhikmat. Ia juga disebut Allah yang Perkasa, maksudnya memiliki kuasa dan otoritas ilahi. Ungkapan ini nampaknya mengindikasikan bahwa pemimpin ini bersifat ilahi. Mengenai caranya memerintah, ia disebut Bapa yang Kekal, itu artinya ia akan memerintah dalam kasih dan kebenaran. Terakhir, ia disebut Raja damai sebab dalam masa pemerintahannya akan ada damai yang sejati.

Kita tahu sosok yang dimaksud ialah Tuhan Yesus. Bila demikian, kita diingatkan bahwa ada penghiburan besar bagi kita. Butuh hikmat menjalani keruwetan hidup? Datang pada-Nya, Penasihat Ajaib. Menanggung beban yang terlampau berat? Minta kekuatan pada-Nya, Allah yang Perkasa. Merasa sendirian dan tidak diperhatikan? Ingat ada kasih dan kebenaran Bapa yang kekal. Merasa tertekan karena beban dan tantangan hidup? Mintalah damai dari Raja Damai. Sungguh ini jaminan yang luar biasa.

STUDI PRIBADI: Bagaimana sifat-sifat Kristus ini memberi penghiburan bagi Anda dalam menjalani kehidupan?

Pokok Doa: Doakan agar anak-anak Tuhan benar-benar menjalani hidup dalam pimpinan Kristus dan bukan berjalan menurut kehendak hati mereka. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *