Tuhan Itu Baik

Kamis, 12 Januari 2023

“Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.” (Mazmur 136:1)

Bacaan hari ini: Mazmur 136:1-26 | Bacaan setahun: Mazmur 136

Sebagai orang yang beriman, respons kita yang paling alami sebagai ungkapan jiwa kita terhadap Allah adalah bersyukur dan memuji Tuhan kita. Kesempatan memuji Tuhan merupakan berkat bagi kita; memuji Tuhan adalah kebutuhan jiwa kita dan juga bagian hidup manusia yang terindah. Itulah sebabnya pemazmur memulai Mazmur ini dengan sebuah ajakan kepada orang banyak untuk bersama-sama memuji Tuhan. Ajakan ini bahkan diulangi sebanyak 3 kali (ayat 1-3).

Selanjutnya pemazmur memulai isi pujiannya dengan menceritakan karya penciptaan Allah atas alam semesta dan manusia yang luar biasa (ayat 4-9). Ayat 10-15 menceritakan bagaimana Allah berintervensi dalam sejarah Israel, yang telah menyelamatkan mereka dari perbudakan bangsa asing. Walaupun ini adalah kisah bangsa Israel, tetapi juga sangat relevan dengan hidup kita sebagai bayangan bagi kita akan Tuhan Yesus yang datang menjadi Penebus dan Juruselamat kita. Sungguh ajaib yang Tuhan lakukan, oleh sebab itu kita hanya bisa terus bersyukur dan memuji Tuhan dalam hidup kita.

Akan tetapi, hal ini tidak selesai di bagian penebusan dosa; ayat 16-21 juga menceritakan bagaimana Allah dengan kasih setia-Nya yang panjang sabar telah menuntun bangsa Israel berjalan di padang gurun. Allah juga menolong Israel untuk melawan musuh-musuhnya, memberikan mereka kemenangan dan akhirnya masuk ke dalam tanah perjanjian. Bukankah hal yang sama juga berlaku pada hidup kita hari ini? Kita yang sudah ditebus, menjalani hidup baru di dunia bersama Tuhan. Kita bisa melihat bagaimana Tuhan berkarya atas diri kita, sehingga kita dituntun-Nya ke negeri yang kekal. Inilah Tuhan Allah kita, inilah keajaiban kasih karunia-Nya yang patut kita puji selama-lamanya. Pemazmur menutup Mazmurnya dengan ajakan kepada orang banyak untuk memuji Tuhan Allah, dan seharusnya ini yang menjadi sikap kita. Amin.

STUDI PRIBADI: Apakah Anda suka memuji Tuhan? Seberapa sering Anda melakukannya, selain dalam ibadah hari Minggu? Bagaimana cara Anda memuji (bersyukur) pada Tuhan? Semakin banyak cara dan kreatifitas Anda memuji Tuhan, menunjukkan Anda semakin sungguh-sungguh bersyukur dan rindu untuk memuji Tuhan.

Pokok Doa: Berdoalah bagi setiap kita dan umat Tuhan supaya dimampukan untuk mengucapkan syukur senantiasa, sebab Tuhan baik. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *