Nyanyian Syukur

Minggu, 25 Desember 2022

“Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Biarlah itu dikatakan orang-orang yang ditebus TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan.” (Mazmur 107:1-2)

Bacaan hari ini: Mazmur 107:1-43 | Bacaan setahun: Mazmur 106-107

Mazmur ini merupakan nyanyian syukur umat Tuhan atas kebaikan dan kasih setia Tuhan yang tidak pernah berubah sampai selama-lamanya. Pemazmur mengajak umat untuk selalu mengingat dan menyadari kebaikan dan kasih Tuhan, yang peduli terhadap seruan minta tolong umat-Nya serta pertolongan-Nya yang selalu tepat pada waktunya.

Untuk itu, Pemazmur menyatakan tentang perbuatan-perbuatan Allah atas hidup mereka. Pertama, Tuhan telah menebus dan melepaskan umat-Nya dari kuasa yang menyesakkan dan mengumpulkan mereka dari segala penjuru dunia (ay. 4-9). Kedua, Tuhan telah menolong dan menyelamatkan mereka dari kegelapan dan kesengsaraan (ay. 10-16). Ketiga, Tuhan telah menyelamatkan dengan menyembuhkan mereka dari penyakit yang mematikan (ay. 17-22). Keempat, Tuhan telah mengeluarkan mereka dari kecemasan dengan menenangkan badai dan gelombang yang mengancam hidup mereka (ay. 23-29). Semua itu telah Tuhan lakukan bagi mereka dan nenek moyang mereka dalam sejarah perjalanan kehidupan mereka sebagai umat Tuhan.

Dengan menyatakan semuanya itu, Pemazmur berharap agar mereka ingat akan segala karya Tuhan yang telah mereka alami dan mengajak mereka untuk senantiasa bersyukur atas segala pertolongan dan keselamatan yang telah Tuhan kerjakan bagi mereka, baik pada masa lalu maupun sekarang, yakni dengan menaikkan nyanyian syukur bagi Tuhan: Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Ajakan Pemazmur ini, bukan hanya ditujukkan kepada umat saat itu, tetapi juga umat Tuhan saat ini. Kiranya kita menyadari keberadaan Tuhan yang baik dan bersyukur atas segala karya-Nya di dalam hidup kita. Marilah kita mengingat-ingat segala perbuatan-perbuatan baik Tuhan, yang telah menyelamatkan dan memberkati kita hingga saat ini. Mari kita menaikkan nyanyian syukur bagi-Nya: “Bersyukurlah kepada TUHAN, Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.”

STUDI PRIBADI: Hal apakah yang dapat dijadikan sebagai alasan buat kita untuk bersyukur kepada Tuhan? Mengapa?

Pokok Doa: Mari kita berdoa agar seluruh umat Tuhan senantiasa mengingat segala berkat dan karya Tuhan dengan menaikkan nyanyian syukur kepada-Nya khususnya karya keselamatan yang telah Kristus kerjakan bagi kita.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *