Pembaharuan Perjanjian

Jumat, 9 Desember 2022

“Janganlah ada di antaramu allah lain, dan janganlah engkau menyembah kepada allah asing.” (Mazmur 81:10)

Bacaan hari ini: Mazmur 81:1-17 | Bacaan setahun: Mazmur 80-81

Sebuah lagu bersyair: Berkali-kali dirimu berjanji, akan senantiasa di sampingku. Janji-janji tinggallah janji, mengapa tidak kau penuhi. Lagu ini lahir dari pengalaman seseorang yang menerima janji, tapi diingkari. Kejadian seperti ini bukanlah hal yang jarang, kita juga mungkin pernah mengalami kejadian yang sama di dalam hidup kita. Janji manusia itu seringkali mudah diingkari dan tidak terkecuali ketika mereka berjanji kepada Tuhan.

Di dalam Mazmur hari ini, kita melihat Tuhan mengingatkan umat-Nya untuk memposisikan hati mereka di tempat yang tepat. Tuhan mengingatkan janji mereka yang sudah tidak dengan sungguh mereka tepati. Tuhan mengingatkan bahwa Ia adalah Penyelamat mereka yang membebaskan mereka dari penindasan (ay. 6). Tuhan juga telah menyelamatkan mereka dengan menyediakan air yang mereka butuhkan di tengah kekeringan (ay. 8). Umat Allah tidak boleh lupa akan kasih dan pertolongan Tuhan dan mereka harus mengingat janji mereka kepada Allah. Jangan sampai umat-Nya mendua hati dan menyembah kepada ilah-ilah lain (ay. 10). Ia adalah Allah Pemelihara dan Ia menyertai umat-Nya yang setia berpegang teguh kepada-Nya.

Dalam hati kita, adakah kita setia dan manunggal hanya bagi Tuhan? Banyak orang hari ini pergi gereja, namun mereka mencintai uang daripada Tuhan. Ada banyak orang yang mencintai kenyamanan daripada hidup berkorban bagi Tuhan. Ada banyak orang yang mencintai dirinya sendiri daripada melayani Tuhan yang telah menebus dan mati bagi mereka. Janji kita kepada Tuhan haruslah kita baharui. Kita perlu menyelidiki hati kita dan meminta Tuhan memulihkannya dari segala ketidak-kudusan. Jangan kita hanya berjanji namun tidak menepati. Janganlah kita mendua hati dan tidak mengasihi Tuhan di dalam hidup. Mari kita mengambil waktu untuk berdoa di hadapan Tuhan dan meminta Tuhan menyatakan keadaan hati kita yang sesungguhnya. Jika kita mendapati hati kita tidak setia, mari kita meminta Tuhan membaharui hati dan hidup kita.

STUDI PRIBADI: Bacalah Mazmur ini sekali lagi; renungkanlah apa yang berkesan bagi kita ketika kita membaca dan merenungkannya.

Pokok Doa: Doakan orang-orang Kristen agar mencintai Tuhan lebih dari uang dan kekayaan dunia. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *