Kunjungan Ratu Syeba

Jumat, 19 Agustus 2022

“Dan ia berkata kepada raja: Benar juga kabar yang kudengar di negeriku tentang engkau dan tentang hikmatmu…; sungguh, setengah dari hikmatmu yang besar itu belum diberitahukan kepadaku; engkau melebihi kabar yang kudengar.” (2Taw.9:5-6, ITB)

Bacaan hari ini: 2 Tawarikh 9:1-12 | Bacaan setahun: 2 Tawarikh 9-10

Bila Salomo memerintah hari ini, tentu semua yang dilakukannya akan viral. Bahkan, julukan ‘sultan’ yang menyiratkan status kaya raya atau crazy rich, pasti disematkan kepadanya. Berita tentang Salomo tidak hanya menarik bagi pemburu berita di semua media, tetapi juga bagi banyak fans, haters, hingga influencers. Pada zamannya, seorang ratu, yang memiliki kekuasaaan, dicatat begitu penasaran dengan berita yang ia dengar tentang Salomo. Ia ingin membuktikan sendiri apakah kabar yang ia dengar sungguh-sungguh dapat dipercaya, atau hanya sekadar hoax.

Keterkejutan ratu Syeba makin berlipat ketika ia menemukan bahwa berita yang ia dengar ternyata hanya memuat separuh realita. Di hadapan Salomo, ratu mengakui: “tetapi aku tidak percaya perkataan-perkataan mereka sampai aku datang dan melihatnya dengan mataku sendiri; sungguh, setengah dari hikmatmu yang besar itu belum diberitahukan kepadaku; engkau melebihi kabar yang kudengar” (2Taw. 9:6). Mendapati kenyataan itu, selain memuji dan menyatakan semua Israel berbahagia, ia juga menaikkan pujian bagi Tuhan sebagaimana tercatat dalam 1Taw. 9:8: “Terpujilah TUHAN, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian, hingga Ia mendudukkan engkau di atas takhta-Nya sebagai raja untuk TUHAN, Allahmu! Karena Allahmu mengasihi orang Israel, maka Ia menetapkan mereka untuk selama-lamanya, dan menjadikan engkau raja atas mereka untuk melakukan keadilan dan kebenaran.”

Dengan hikmat Tuhan, Salomo membawa kekaguman kepada ratu Syeba. Bahkan ratu Syeba memberikan banyak persembahan, meski ia nampaknya bukan seorang yang percaya kepada Tuhan (membaca pujian dan keyakinannya pada TUHAN, bukan tidak mungkin ia telah mendengar tentang TUHAN). Orang percaya juga dipanggil untuk menyatakan kehadiran Allah dalam hidupnya, supaya melalui mereka, orang lain dapat mengenal Allah yang benar, dengan sikap yang benar. Tuhan Yesus juga mengajar hendaknya dunia dapat melihat perbuatan kita yang baik, yang melaluinya, Bapa di sorga dipermuliakan.

STUDI PRIBADI: Dapatkah orang lain melihat kehadiran Tuhan yang hidup dalam hidup Anda? Bagaimana cara terbaik menyatakan kehadiran Allah dalam hidup Anda?

Pokok Doa: Berdoalah agar orang-orang percaya memiliki hikmat Tuhan. Doakan juga agar orang-orang tidak percaya dapat melihat kehadiran Tuhan dalam diri orang Kristen, serta memuliakan Bapa di Sorga. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *