Saul & Keluarganya

Minggu, 31 Juli 2022

“Mereka semuanya itu termasuk bani Benyamin. (1 Tawarikh 8:40b)

Bacaan hari ini: 1 Tawarikh 8:29-40 | Bacaan setahun: 1 Tawarikh 7-8

Mengapa orang Kristen perlu tahu daftar keturunan raja Saul, yang berasal dari suku Benyamin? Suku Benyamin telah melahirkan keturunan keluarga raja Saul yang sangat disegani. Dari suku Benyamin ini pula muncul orang-orang yang terkemuka selama beberapa angkatan. Menjelang wafatnya, Yakub, ayah Benyamin memberikan berkat pada anak bungsunya, “Benyamin adalah seperti serigala yang menerkam, pada waktu pagi ia memakan mangsanya dan pada waktu petang ia membagi-bagi rampasannya” (Kej. 49:27). Memang perkataan tersebut akhirnya digenapi. Keturunan Benyamin adalah orang-orang yang berani, pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa, pemanah-pemanah yang hebat. Nama Benyamin berarti: anak tangan kanan dan raja Israel pertama berasal dari suku Benyamin, yakni Saul. Meskipun pada akhirnya, Saul ditolak oleh TUHAN karena ketidak-taatan dan ketidak-setiaannya dalam menjalankan perintah-NYA, melalui nabi Samuel.

Memang, bani Benyamin adalah suku yang paling muda, tapi TUHAN memakai suku Benyamin dengan luar biasa. Dari suku Benyamin ini lahir beberapa tokoh penting dalam sejarah. Pertama, Ehud, seorang hakim kidal yang mengalahkan bangsa Moab (Hakim-Hakim 3:12-30). Kedua, Saul, raja Israel yang pertama (1 Samuel 9:1-2). Berikutnya, Mordekhai dan Ester, dua orang yang paling berjasa menyelamatkan bangsa Yahudi dari usaha pemusnahan oleh siasat jahat Haman, orang Agag (Ester 2:5-7). Tidak ketinggalan juga, Paulus, seorang rasul yang berani menderita demi kemajuan berita Injil (Roma 11:1).

Sepatutnya, kita mengucap syukur kepada Tuhan Allah yang telah memberikan kasih karunia-NYA, yaitu pengampunan dan pembenaran. Allah juga memberikan talenta di dalam hidup kita dan memperlengkapi kita untuk mewujudkan karya nyata bagi kemuliaan-NYA. Kita patut mengucap syukur atas pilihan dan panggilan-NYA bagi setiap kita.

STUDI PRIBADI: Apa yang bisa kita pelajari sewaktu membaca silsilah keturunan raja Saul ini? Apakah kelebihan suku Benyamin dibandingkan suku-suku lain di Israel?

Pokok Doa: Berdoalah bagi anak-anak Tuhan di pemerintahan, agar mereka memberikan sumbangsih dan berperan dengan baik di dalam pemerintahan. Juga mereka menjadi saksi Tuhan yang baik melalui hidup dan pelayanan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *