Allah Berdiam Bersama Umat-Nya

Jumat, 1 Juli 2022

“Jika Engkau hidup menurut segala ketetapan-Ku … Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel.” (1 Raja-raja 6:12-13)

Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 6 | Bacaan setahun: 1 Raja-raja 6

Pada masa kini, setiap Minggu atau waktu-waktu tertentu kita dapat menyembah dan memuliakan Tuhan di gereja bersama jemaat lain. Namun tidak demikian dengan bangsa Israel. Mereka merindukan tempat ibadah permanen kepada Tuhan, terutama sejak mereka menjadi kerajaan yang kuat di bawah pemerintahan raja Daud. Karena Daud telah menumpahkan banyak darah, maka Tuhan tidak berkenan untuk Daud membangun rumah bagi-Nya. Tuhan memberikan kepercayaan itu kepada Salomo untuk membangun bait-Nya.

Maka pada tahun keempat pemerintahan Salomo, rumah Tuhan mulai dibangun. Salomo mengerjakan dengan teliti dan memakai meterial terbaik bagi pendirian rumah Tuhan. Segala sesuatu yang terhubung dengan pembangunan rumah Tuhan telah dipersiapkan dengan baik, sehingga rumah Tuhan dapat selesai dalam kurun waktu tujuh tahun. Dari segi seni dan kualitas, pembangunan rumah Tuhan yang didirikan oleh raja Salomo, sangat megah dan indah. Tidak ada yang menandingi keindahannya.

Namun dalam proses pembangunan itu, datang firman Tuhan kepada Salomo: “Mengenai rumah yang sedang kau dirikan ini, jika engkau hidup menurut segala ketetapan-Ku dan melakukan segala peraturan-Ku dan tetap mengikuti segala perintah-Ku dan tidak menyimpang dari padanya, maka Aku akan menepati janji-Ku kepadamu yang telah Kufirmankan kepada Daud, ayahmu, yakni bahwa Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan tidak hendak meninggalkan umat-Ku Israel” (1Raj. 6:12-13). Nampaknya Tuhan memberi apresiasi pembangunan rumah Tuhan yang dikerjakan raja Salomo. Namun yang terpenting bukan bangga pada hasil pembangunan, melainkan ketaatan dan kesetiaan Salomo kepada perintah Tuhan. Apalah artinya pembangunan rumah Tuhan yang megah, jika ia tidak taat dan setia melakukan perintah Tuhan. Demikian pula dengan kita hari ini, apalah artinya kita beribadah di gereja, jika hidup kita tidak menaati perintah Tuhan!? Yang Tuhan kehendaki adalah kita taat dan setia kepada firman-Nya; maka Ia berkenan hadir bersama kita!

STUDI PRIBADI: Apa yang Tuhan firmankan kepada Salomo ketika ia sedang membangun rumah Tuhan? Pelajaran apa yang Anda dapatkan dari-Nya?

Pokok Doa: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka memiliki ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan dan firman-Nya. Umat Tuhan suka beribadah, dan terutama adalah menjadi pelaku firman Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *