Garis Keturunan Mesias

RABU, 25 MEI 2022

“Dan seluruh orang banyak yang hadir di pintu gerbang, dan para tua-tua berkata: Kamilah menjadi saksi. TUHAN kiranya membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu itu sama seperti Rahel dan Lea, yang keduanya telah membangunkan umat Israel.” (Rut 4:11)

Bacaan hari ini: Rut 4 | Bacaan setahun: Rut 4, 1 Samuel 1

Rut adalah nenek dari Daud dan dari keturunan Daud lah, Mesias akan dilahirkan. Alkitab hanya mencatat dua nama perempuan yang dipakai menjadi nama kitab dalam Kitab Suci. Mereka adalah Ester dan Rut. Menariknya, Rut adalah satu-satunya perempuan bukan Yahudi, yang namanya diabadikan menjadi nama kitab di dalam Alkitab. Mengapa Rut begitu istimewa? Dari pasal-pasal sebelumnya, kita bisa menemukan bagaimana pujian yang diberikan kepadanya.

Dalam Rut 2:11, kita membaca pujian Boas kepada Rut. Boas memuji kasih dan kesetiaan Rut pada Naomi, mertuanya. Rut memutuskan untuk menyertai Naomi pulang ke tanah Israel. Rut bersedia mengabdikan dirinya mendampingi dan merawat mertuanya yang sudah tua. Ia meninggalkan bangsanya, meninggalkan orang tuanya serta meninggalkan agamanya dan mengidentifikasikan dirinya sebagai umat Perjanjian Tuhan. Bahkan, Rut pernah berjanji kepada Naomi: kemanapun Naomi berada, ia akan bersamanya. Dalam kondisi apapun, Rut tidak akan meninggalkan Naomi, sampai maut memisahkan mereka. Ia pun memanggil Tuhan menjadi saksi dari janji setianya kepada Naomi (1:16-17).

Allah menyatakan kasih-Nya kepada Rut dan mempertemukannya dengan Boas. Allah memberkati Rut dan memberikan kehidupan yang baik. Dari Rut, garis keturunan Mesias berlanjut hingga Tuhan Yesus. Dari sini, kita mengerti, mengapa Rut begitu mendapat tempat di Alkitab sehingga namanya diabadikan menjadi nama salah satu kitab.

Apakah yang bisa kita pelajari dari kisah kehidupan Rut? Pertama, Allah menganugerahkan keselamatan kepada yang dikehendaki-Nya, tanpa memandang suku atau bangsa. Kedua, meski posisi seorang laki-laki dianggap lebih tinggi dari perempuan, namun di mata Allah, keduanya sama derajatnya. Allah bebas memakai siapa saja, termasuk memakai Rut sebagai seorang tokoh yang akhirnya mewariskan keturunan Mesias. Siapapun diri Anda, dari manapun Anda berasal, Allah sanggup memakai setiap kita menjadi berkat yang memuliakan nama-Nya.

STUDI PRIBADI: Menurut Anda, apa yang membuat Rut begitu istimewa di hadapan Allah dan sesama? Pelajaran apa yang bisa kita petik dari kehidupan Rut ini?

Pokok Doa: Bersyukurlah atas anugerah Tuhan yang boleh kita alami hari ini dan teruslah berdoa agar lebih banyak orang boleh mengenal dan percaya kepada Kristus. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *