Pembaharuan Perjanjian

SENIN, 9 MEI 2022

“… Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” (Yosua 24:15).

Bacaan hari ini: Yosua 24 | Bacaan setahun: Yosua 23-24

Tentu kita pernah mendengar kata “refresh”. Kata ini mengonotasikan adanya sebuah penyegaran dari suatu kondisi tertentu kepada kondisi yang lebih baik atau semestinya. Tujuannya adalah: kita kembali bersemangat, meninggalkan keletihan, atau kembali pada langkah yang semestinya. Dalam kehidupan rohani, kita pun perlu “refresh”. Tujuannya agar kita kembali bersemangat secara rohani dan hidup sesuai kehendak Tuhan.

Demikianlah gambaran yang sedang dilakukan oleh Yosua di hadapan umat Israel. Telah sekian lama mereka hidup sebagai pengembara menuju tanah Kanaan. Di bawah kepemimpinan Yosua, mereka telah menempati daerah masing-masing. Mereka akan menjalani hidup di tanah Kanaan, sesuai janji Tuhan. Namun perjalanan rohani mereka belumlah berakhir. Mereka perlu disegarkan kembali tentang Tuhan, Allah mereka, yang telah menuntun mereka sampai Kanaan. Yosua tahu benar, bahwa bangsa ini mudah melupakan Tuhan dan berpaling dari-Nya. Oleh karena itu, Yosua berkepentingan membawa mereka untuk setia dan hanya menyembah Tuhan, Allah mereka. Yosua memperbarui perjanjian mereka dengan Tuhan. Pesan Yosua adalah agar mereka tidak menyembah ilah nenek moyang mereka yang ada di seberang sungai Efrat maupun yang di Mesir. Mereka tidak perlu kembali pada kehidupan lama mereka, yakni masa lalu nenek moyang mereka. Mereka harus fokus dan hanya beribadah kepada Tuhan Allah yang telah menuntun mereka keluar dari Mesir dan membawa mereka ke tanah Kanaan. Dengan demikian hidup mereka akan diberkati dan bersukacita di hadapan Tuhan.

Bagaimana dengan Anda? Jika Yesus Kristus telah menyelamatkan Anda dengan melepaskan Anda dari kuasa dosa dan maut; janganlah berpaling dari-Nya dengan berlaku tidak setia kepada-Nya. Perbaruilah komitmen Anda di hadapan-Nya. Mendekatlah kepada-Nya dan “refresh”– lah kehidupan rohani Anda dari segala kejenuhan dengan membangun kembali hubungan yang intim dengan Tuhan.

STUDI PRIBADI: Mengapa Yosua perlu mengingatkan kembali umat Israel untuk setia kepada Tuhan? Pelajaran apa yang Anda dapatkan dari kisah ini?

Pokok Doa: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka tidak jenuh rohani sehingga menikmati kesenangan dunia. Doakanlah supaya mereka memiliki hubungan yang setia dengan Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *