Tuhan Menggenapi Janji-Nya

RABU, 4 MEI 2022

“Bagian yang diundikan kepada suku bani Yehuda menurut kaum-kaum mereka adalah sampai ke batas tanah Edom, sampai ke padang gurun Zin ke selatan, di ujung selatan.” (Yosua 15:1)

Bacaan hari ini: Yosua 15:1-12 | Bacaan setahun: Yosua 15-16

Yosua 14–19 berisi catatan pembagian tanah Kanaan di seberang sungai Yordan kepada sembilan setengah suku Israel. Bacaan hari ini menjelaskan wilayah beserta batasannya yang diberikan kepada suku Yehuda. Dengan terperinci, Yosua menyebutkan batas selatan, utara timur dan barat dari tanah milik suku Yehuda beserta kaum-kaum mereka.

Catatan tentang batasan wilayah masing-masing suku Israel sebenarnya hendak menekankan beberapa hal penting. Pertama, Allah tidak lalai dengan perjanjian-Nya. Allah tengah menggenapkan janji-Nya yang pernah Ia berikan kepada Abraham tentang tanah Kanaan, tanah, yang Allah berikan kepada keturunan Abraham. Kedua, Allah memberikan tanah kepada mereka secara adil dan sesuai dengan kasih karunia-Nya. Bilangan 33:54 memberitahukan prinsip pembagian tersebut: “Maka haruslah kamu membagi negeri itu sebagai milik pusaka dengan membuang undi menurut kaummu: kepada yang besar jumlahnya haruslah kamu memberikan milik pusaka yang besar, dan kepada yang kecil jumlahnya haruslah kamu memberikan milik pusaka yang kecil”. Suku Yehuda yang lebih besar mendapatkan bagian yang besar pula. Ketiga, Allah menghendaki mereka untuk menghormati batasan wilayah yang diberikan. Mereka tidak boleh menggeser, memperluas dan menguasai wilayah suku lain (Ulangan 19:14).

Apa yang bisa kita pelajari dari bacaan hari ini mencakup beberapa hal penting. Yang pertama, Allah tidak pernah lalai dengan firman-Nya. Dalam waktu dan kedaulatan-Nya, Ia menggenapi dengan sempurna. Janganlah pernah meragukan kesetiaan-Nya. Berikutnya, Allah memberikan apa yang menjadi hak umat Tuhan secara adil, sesuai dengan kasih karunia-Nya. Janganlah pernah menyangsikan keadilan Tuhan. Kemudian, Allah menentukan batasan-batasan di dalam kehidupan kita. Semua itu bukan untuk mempersulit kita, melainkan menjaga supaya kita tidak melanggar ketetapan-Nya dan menjaga agar kita tidak melanggar hak orang lain.

STUDI PRIBADI: Apa yang bisa kita pelajari dari pembagian tanah kepada suku-suku Israel setelah memasuki Kanaan? Mengapa pembagian tanah perlu dilakukan secara cermat?

Pokok Doa: Berdoa agar jemaat Tuhan dapat menghargai semua pemberian Tuhan dalam kehidupannya dan berusaha mengembangkan potensi, talenta serta bakat yang Tuhan berikan untuk kemuliaan Tuhan saja. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *