Kuat Dan Teguhkanlah Hatimu

SENIN, 25 APRIL 2022

“Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh…” (Yosua 1:7)

Bacaan hari ini: Yosua 1 | Bacaan setahun: Yosua 1

Mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar bukan perkara mudah. Pikiran dan hati kita bisa merasa gentar dan takut. Mungkin saja hari ini Tuhan memberikan kita kesempatan untuk menjadi seorang pimpinan dengan tugas yang bertambah berat; atau kita sedang menghadapi tantangan atau kewajiban yang semakin besar. Adalah wajar jika respons kita adalah gentar dan takut.

Sama halnya dengan Yosua, yang Tuhan panggil menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel menuju tanah yang Tuhan janjikan. Yosua tentu mengerti benar sifat dan sikap bangsa Israel yang dipimpin Musa. Mereka adalah bangsa yang tegar tengkuk atau sulit diatur. Bangsa yang mudah memberontak dan berani melawan pimpinan, bahkan melanggar ketetapan Tuhan. Memimpin mereka tentu tidak mudah, apalagi harus berhadapan dengan bangsa-bangsa lain. Yosuapun gentar dan takut.

Namun Tuhan berfirman agar Yosua menguatkan dan meneguhkan hatinya. Tuhan mengingatkan bahwa ia tidak sendirian berjuang. Ada Tuhan yang beserta dan menolongnya. Hanya saja yang Tuhan minta dari Yosua adalah menguatkan dan meneguhkan hatinya; berbuat sesuai dengan ketetapan Tuhan dan terus memperkatakan firman Tuhan kepada bangsa Israel. Tuhan pun berjanji, jika Yosua melakukannya dengan setia, maka ia akan berhasil dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.

Bagaimana dengan Anda hari ini? Janganlah takut dan gentar, tetapi kuatkan dan teguhkanlah hati Anda untuk menghadapi segala tantangan, tugas dan tanggung jawab Anda. Jangan mengandalkan kekuatan sendiri, melainkan berjalan bersama Tuhan dan taatlah pada firman-Nya. Bersama Tuhan, Anda akan cakap menanggung segala perkara. Seperti peringatan Tuhan kepada Yosua, demikian pula peringatan itu menjadi tuntunan dan penolong Anda untuk melangkah ke depan. Bukan dengan kekuatan sendiri atau hikmat dunia, melainkan dengan iman dan keyakinan bahwa bersama Tuhan kita akan menghadapi semua, sebab dari Tuhanlah segala berkat dan keberhasilan.

STUDI PRIBADI: Apa yang membuat Yosua gentar dan takut? Apa yang Tuhan perintahkan kepada Yosua?

Pokok Doa: Berdoalah kepada Tuhan agar Ia menambahkan iman dan hikmat kepada kita untuk kuat dan teguh hati menghadapi tantangan, tugas, dan kewajiban yang menanti kita.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *