Hukum Tentang Raja

KAMIS, 14 APRIL 2022

”maka hanyalah raja yang dipilih TUHAN, Allahmu, yang harus kauangkat atasmu.” (Ulangan 17:15)

Bacaan hari ini: Ulangan 17:14-20 | Bacaan setahun: Ulangan 17

Siapakah Raja yang sesungguhnya bagi bangsa Israel? Jelas sekali jawabannya adalah TUHAN, Allah Israel, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, Raja bagi bangsa Israel. Kedaulatan dan pemerintahan Allah sebagai Raja bagi Israel adalah tetap, kekal sifatnya, untuk selamanya.

Ketika Allah berfirman: “Apabila engkau telah masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan telah mendudukinya dan diam di sana, kemudian engkau berkata: Aku mau mengangkat raja atasku, seperti segala bangsa yang di sekelilingku,” (17:14) bukan berarti bahwa Allah memerintahkan Israel untuk mengangkat seorang dari antara mereka menjadi raja. Allah adalah Raja bagi bangsa Israel, dan tidak pernah akan digantikan oleh manusia manapun. “Kemudian engkau berkata: Aku mau mengangkat raja atasku” mengandung pengertian bahwa bangsa Israel bersikeras untuk memiliki raja, sama seperti bangsa-bangsa di sekitarnya, dan memang di kemudian hari itulah yang terjadi (1Sam. 8). Maka, sebelum bangsa Israel meminta seorang raja, Allah menetapkan kriteria raja Israel: (1) Keturunan Israel, umat Allah (ay. 15). Dia adalah bagian dari umat yang telah ditebus oleh Allah; (2) Tidak menginginkan kehidupan lama sebagai budak di Mesir (ay. 16). Dia adalah seorang yang menghidupi statusnya dan status bangsanya sebagai umat tebusan Allah, yang telah dibebaskan Allah dari perbudakan Mesir, dan tidak lagi menginginkan kehidupan yang lama di Mesir; (3) Bukan orang yang tamak atau serakah, sehingga punya banyak istri dan banyak harta benda (ay. 17); (4) Orang yang mencintai firman Tuhan dan hidup menuruti firman Tuhan (ay. 18-20).

Kriteria Tuhan tentang raja Israel ini dapat menjadi refleksi bagi setiap kepala rumah tangga anak Tuhan untuk memimpin keluarganya. Sebagai kepala rumah tangga, sudahkah kita percaya penuh kepada Tuhan Yesus Kristus, yang sungguh rindu mengalami kehidupan baru dalam Kristus; yang tahu mencukupkan diri atas berkat yang Tuhan berikan dan apakah sungguh mencintai Tuhan dan hidup melakukan firman-Nya? Bagaimana dengan Saudara yang adalah kepala rumah tangga?

STUDI PRIBADI: Apa kriteria dari Tuhan untuk calon raja Israel? Apakah kriteria itu Anda hidupi sebagai kepala rumah tangga atau pemimpin dimana Tuhan menempatkan Anda?

Pokok Doa: Berdoalah agar jemaat Tuhan memiliki kehidupan yang sesuai dengan statusnya sebagai umat tebusan Kristus dan hidup mengasihi Tuhan dan firman Tuhan senantiasa. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *