Kemerdekaan Dan Penebusan Tuhan

RABU, 13 APRIL 2022

“Haruslah kauingat, bahwa engkau pun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau ditebus TUHAN, Allahmu; itulah sebabnya aku memberi perintah itu kepadamu pada hari ini.” (Ulangan 15:15)

Bacaan hari ini: Ulangan 15:12-18 | Bacaan setahun: Ulangan 15-16

Pada masa itu, sangat umum jikalau seseorang yang karena kondisi tertentu menjadi jatuh miskin, sehingga harus menjual diri sebagai budak kepada orang yang kaya. Budak tidak memiliki hak apa-apa atas dirinya, termasuk atas nyawanya sendiri; tuannya lah yang berhak sepenuhnya atas dirinya. Budak juga tidak akan dibayar karena mereka telah dipelihara oleh tuannya, melalui makanan, pakaian dan tempat tinggal secukupnya. Sekarang Israel pun adalah umat tebusan Allah, dan menjadi milik Allah, dipelihara dan diberkati oleh Allah. Karena itu, apa yang telah diperbuat Allah, dengan mengingat perbuatan penebusan Allah kepada mereka, umat Israel pun harus bersikap yang sama terhadap sesamanya, yang hidup sebagai seorang budak di rumahnya.

Jadi kepada umat Israel, Allah mengingatkan mereka harus bersikap berbeda dengan tuan pada masa itu. Pada tahun yang ketujuh, umat Israel harus melepaskan budaknya, yang adalah sesamanya umat Israel. Mereka juga harus membekali budaknya dengan secukupnya. Tujuannya adalah agar budak itu tetap terpelihara saat harus pergi dari rumahnya, sampai dia menemukan mata pencaharian lainnya. Kesediaan untuk membekali budaknya saat melepaskannya, adalah sebagai cermin bagaimana Allah telah memelihara dan memberkati dirinya sebagai umat Allah (ay. 13-14). Sebagaimana Allah telah memberkati dan memelihara umat Israel, demikian juga umat Israel harus memberkati dan memelihara budaknya.

Sama seperti Allah telah menebus Israel, Allah pun telah menebus kita dari perbudakan dosa melalui Kristus. Kehidupan Saudara sampai saat ini, sesungguhnya dikarenakan pemeliharaan Tuhan. Tuhan telah memberkati Saudara dengan berkat-Nya bagi Saudara. Sebagai umat tebusan Kristus, yang telah beroleh keselamatan (secara rohani) dan beroleh berkat Tuhan juga secara jasmani, maukah Saudara membagikan apa yang Tuhan telah berikan untuk menolong dan memberkati sesama yang membutuhkan?

STUDI PRIBADI: Apakah artinya TUHAN menebus kita menjadi umat-Nya? Apakah Saudara teringat akan sesama yang membutuhkan uluran tangan Saudara, mengingat diri Saudara telah diberkati oleh Tuhan?

Pokok Doa: Berdoa agar jemaat Tuhan memiliki kerinduan untuk berbagi berkat dengan sesama dan hidup senantiasa mengingat penebusan yang Allah telah kerjakan dalam Kristus. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *