Perhatikan Orang-orang Yang Tidak Mampu

SENIN, 14 FEBRUARI 2022

“Janganlah kautindas atau kautekan seorang orang asing, sebab kamu pun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.” (Keluaran 22:21)

Bacaan hari ini: Keluaran 22:21-27 | Bacaan setahun: Keluaran 22-23

Dalam Keluaran 21-23, Allah memberi berbagai perintah berkaitan dengan relasi antar sesama manusia. Allah mau bukan saja hubungan umat dengan Allah berjalan baik, tetapi juga hubungan antar sesama, bisa berjalan harmonis. Salah satu hal yang harus mereka perhatikan adalah perlakuan terhadap orang-orang yang tidak mampu.

Orang-orang Israel harus memperhatikan orang asing yang ada dalam komunitas mereka. Allah mengingatkan, bahwa mereka pun dahulu orang asing yang tertindas di Mesir. Allah juga melarang mereka menindas para janda dan anak-anak yatim. Jika sampai hal tersebut terjadi, maka Allah lah yang akan menjadi pembela mereka. Dalam praktik peminjaman uang, Allah mengingatkan supaya mereka memperhatikan orang-orang yang miskin. Mereka dilarang untuk menjadi debt collector (penagih hutang) bagi yang berhutang seperti halnya pinjaman online yang marak sekarang ini, lebih-lebih jika sampai mengambil jubah milik orang-orang miskin. Pada saat itu terjadi, maka Allah akan tampil sebagai pembela mereka. Mengapa Allah begitu memperhatikan kelompok masyarakat yang kurang mampu? Karena mereka adalah kelompok yang rentan ditindas dalam masyarakat. Hak-hak mereka sering diabaikan dan mereka juga sering dieksploitasi untuk berbagai kepentingan. Oleh sebab itu, Allah mau supaya umat Israel lebih memperhatikan kesejahteraan hidup mereka. Lagi pula, Allah mengingatkan dahulu pun mereka mengalami situasi yang sama, tertindas dan tidak berdaya di Mesir.

Nasihat yang sama pun berlaku untuk kehidupan kita di masa kini. Sebagai gereja, kita perlu memberikan perhatian juga kepada kaum yang lebih lemah dan lebih rentan. Kita perlu memperlakukan mereka seperti Allah memperlakukan orang-orang yang tidak mampu ini. Gereja perlu memikirkan dan mengupayakan agar kesejahteraan hidup orang-orang yang tidak mampu, baik di dalam gereja maupun di luar gereja mengalami perbaikan. Di saat gereja Tuhan abai terhadap mereka, maka Allah akan bertindak menjadi pembela mereka.

STUDI PRIBADI: Mengapa Allah begitu memperhatikan orang asing dan mereka yang tidak mampu? Apa tanggung jawab orang percaya terhadap mereka yang tidak mampu saat ini?

Pokok Doa: Berdoa bagi gereja Tuhan supaya lebih memperhatikan orang- orang yang tidak mampu, terlebih di dalam masa pandemi seperti saat ini. Doakan agar gereja Tuhan mampu mengulurkan tangan untuk menolong. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *