Rayakan Paskah

SELASA, 8 FEBRUARI 2022

“Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan2-mu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.” (Kel. 12:17)

Bacaan hari ini: Keluaran 12:1-28 | Bacaan setahun: Keluaran 12-13

Sebelum bangsa Israel meninggalkan Mesir, Tuhan memberitahukan hal yang sangat penting yaitu untuk menyiapkan makanan khusus yang akan diperingati sebagai korban Paskah bagi Tuhan yang telah melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Tuhan menulahi orang-orang Mesir.

Paskah bagi Tuhan harus dirayakan sebagai ketetapan untuk selama-lamanya. Ditandai dengan darah anak domba atau kambing pada rumah-rumah umat Israel, yang apabila Tuhan melihat darah itu maka Tuhan akan lewat daripadanya. Jadi, takkan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah umat Israel ketika Tuhan menghukum tanah Mesir. Inilah Paskah yang dalam bahasa Ibrani berarti melewati (“to passover”). Allah yang telah melewatkan umat-Nya dari tulah yang kesepuluh dan menolong Israel keluar dari perbudakan di Mesir. Berkenaan dengan makan roti tidak beragi, hal ini melambangkan kehidupan baru, kehidupan yang telah disucikan dari “ragi” yang menunjuk kepada sifat dosa. Allah ingin Israel memperingati Paskah juga sebagai pengingat akan keberadaan mereka sebagai umat Allah yang kudus. Seperti yang dinyatakan dalam ayat 17, “Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.”

Paskah bagi orang percaya mengingatkan kita akan penebusan dosa di dalam diri Tuhan Yesus, Anak Domba Allah. Sekaligus menandakan pentingnya iman dan ketaatan kepada semua perintah Yesus Kristus, yang melalui-Nya kita telah mengenakan kehidupan baru di dalam persekutuan dengan Dia.

Kasih Allah begitu nyata di dalam sejarah kelepasan umat Israel dari Mesir. Demikian juga kehadiran-Nya yang nyata di dalam hidup setiap orang percaya di dalam Kristus, Sang Domba Paskah yang telah menebus manusia dari dosa.

STUDI PRIBADI: Mengapa Tuhan menetapkan hari raya Paskah bagi umat Israel untuk dirayakan turun-temurun? Apa artinya untuk kita yang percaya kepada Tuhan Yesus?

Pokok Doa: Berdoa bagi umat Tuhan agar dalam kehidupan mereka benar-benar mengasihi dan menaati perintah Tuhan sebagai respons terhadap kasih karunia Allah dalam Tuhan Yesus. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *