Pemberian Tuhan

SENIN, 7 FEBRUARI 2022

“Tetapi kepada siapa juga dari orang Israel, seekor anjingpun tidak akan berani menggonggong, baik kepada manusia maupun kepada binatang, supaya kamu mengetahui, bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel.” (Keluaran 11:7)

Bacaan hari ini: Keluaran 11:1-8 | Bacaan setahun: Keluaran 11

Tuhan memerintahkan Musa dan Harun untuk menyampaikan kepada Firaun agar membebaskan umat-Nya, Israel, yang selama ini hidup sebagai budak di Mesir. Israel berseru kepada Tuhan Allah memohon kelepasan dan Allah menjawabnya dengan mendatangkan berbagai tulah kepada Israel sampai pada tulah ke sembilan; namun demikian Firaun tidak juga membiarkan orang Israel meninggalkan Mesir. Dengan keras hati, ia berkata kepada Musa: “Pergilah dari padaku; awaslah engkau, jangan lihat mukaku lagi, sebab pada waktu engkau melihat mukaku, engkau akan mati.” Kemudian Musa berkata: “Tepat seperti ucapanmu itu! Aku takkan melihat mukamu lagi!” (Keluaran 10:28-29).

Maka Tuhan Allah mendatangkan tulah kesepuluh, yaitu tiap-tiap anak sulung di tanah Mesir akan mati, mulai dari anak sulung Firaun yang duduk di takhta sampai kepada anak sulung budak perempuan yang menghadapi batu kilangan, juga segala anak sulung semua hewan. Akan tetapi, Tuhan membuat perbedaan bagi umat Israel sebagaimana dinyatakan Tuhan di dalam ayat 7: “Tetapi kepada siapa juga dari orang Israel, seekor anjing pun tidak akan berani menggonggong, baik kepada manusia maupun kepada binatang, supaya kamu mengetahui, bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel”. Tulah ini akan membuat Firaun tidak dapat menahan lagi untuk benar-benar mengusir Israel dari Mesir. Bukan berhenti di situ, Tuhan juga membuat orang Mesir bermurah hati dengan memberikan emas dan perak kepada Israel sehingga mereka keluar dari Mesir tidak dengan tangan hampa.

Tulah demi tulah ditimpakan kepada Mesir sampai mereka tunduk kepada kedaulatan Tuhan Allah atas segala sesuatunya. Tuhan telah mempersiapkan umat Israel keluar dari tanah Mesir dan juga mencukupkan mereka dengan emas perak dan juga lainnya yang diberikan oleh orang Mesir kepada Israel. Semua hal ini Tuhan Allah lakukan hanya karena kemurahan hati-Nya yang setia kepada janji-Nya yang telah dinyatakan- Nya kepada umat-Nya, Israel.

STUDI PRIBADI: Apakah yang Tuhan ingin nyatakan kepada Firaun melalui tulah-tulah yang ditimpakan-Nya kepada Mesir?

Pokok Doa: Berdoa bagi umat Tuhan yang hidup di daerah atau negara yang tidak mudah karena iman mereka kepada Tuhan Yesus. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *