Ketaatan Penuh

Rabu, 5 Januari 2022

Bacaan hari ini: Kejadian 7 Bacaan tahunan: Kejadian 7-8



“Lalu Nuh melakukan segala yang diperintahkan TUHAN kepadanya.” (Kejadian 7:5)

Pernahkah Anda “Salfok” (Salah Fokus) terhadap suatu pekerjaan yang sedang Anda lakukan? Jika iya, apa penyebabnya? Mungkin saja, Anda kurang perhatian, atau memikirkan hal lain, atau paling terburuk adalah Anda tidak ingin melakukannya karena pekerjaan itu tidak menarik buat Anda! Apapun alasan Anda, salah fokus dapat merugikan Anda atau orang lain!

Bagaimana dengan Nuh dalam perikop yang kita baca hari ini? Dalam Kejadian 7, kita dapati bahwa Allah memerintahkan Nuh untuk mengambil 7 pasang, jantan dan betina, dari segala binatang yang tidak haram, dan 1 pasang, jantan dan betina, dari segala binatang yang haram. Demikian pula dengan segala burung di udara, Nuh mengumpulkan 7 pasang. Pekerjaan ringankah ini? Tentu saja nampak ringan, karena hanya mengumpulkan binatang, tetapi ini bukan bekerjaan yang mudah, sebab Nuh harus mengumpulkan semua jenis binatang, dan tidak boleh salah!

Alkitab mencatat bahwa Nuh melakukan segala yang diperintahkan TUHAN kepadanya. Tidak ada sedikitpun keraguan Nuh terhadap perintah Allah kepadanya. Tidak ada sedikitpun terbesit bagi Nuh untuk tidak mau melakukannya. Ia melakukan segala yang diperintahkan TUHAN kepadanya (ay. 5). Ketaatan Nuh untuk masuk ke dalam bahtera bersama dengan anggota keluarganya dan membawa masuk segala binatang yang dikehendaki Tuhan, membuatnya menikmati keselamatan yang dari Tuhan dari air bah tersebut. Ketaatan sepenuh hati Nuh kepada Tuhan telah mengantarnya pada perkenanan Tuhan. Ketaatan sepenuh hatinya merupakan buah dari kesalehan hidup dan takut-Nya akan TUHAN.

Bagaimana relasi Anda dengan TUHAN? Apakah Anda mengerjakan kehendak-Nya dengan sepenuh hati, atau sebaliknya seringkali salfok terhadap kehendak Tuhan, karena Anda seringkali mencari kenikmatan dunia daripada mengerjakan perintah-Nya? Mari kita fokus pada perintah TUHAN dan mengerjakannya dengan setia. Ia akan memperlengkapi Anda dan memampukannya! Soli Deo Gloria. Amin.

STUDI PRIBADI: Bagaimanakah respons Nuh terhadap perintah TUHAN? Bagaimana pula pengalaman Anda melakukan kehendak-Nya?

Pokok Doa: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar dalam segala perkara hidup ini, mereka mengerjakan yang terbaik dan senantiasa taat kepada kehendak Allah sepenuh hati. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *