Pelayanan Tuhan Yesus

Kamis, 16 Desember 2021

Bacaan hari ini: Yesaya 8:23-9:1, Matius 4:12-17 | Bacaan setahun: Amos 4-6



“Genaplah firman yang disampaikan nabi Yesaya: Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, — bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar...” (Mat.4:14-16)

Hari ini kita belajar mengenai nubuat tentang Yesus dalam Perjanjian Lama berkaitan dengan pelayanan-Nya. Terutama seperti dicatat Matius 4:12-17 yang merupakan penggenapan nubuat nabi Yesaya (Yes. 8:23-9:1). Firman ingin mengatakan, pelayanan Tuhan adalah untuk membawa terang bagi mereka yang diam dalam kegelapan & kekelaman, bahkan Tuhan lah Terang itu sendiri. Apa yang bisa kita pelajari dari sini?

Pertama adalah Tuhan Allah tidak membiarkan umat-Nya yang karena kejahatan diri mereka sendiri berada dalam kegelapan dan kekelaman, maksudnya yang sedang berada dalam situasi yang sulit dan menekan hidupnya. Allah akan kembali memulihkan “Tanah Naftali dan Zebulon” yang karena kejahatan Israel sendiri diserahkan-Nya kepada penjajahan raja Asyur (2 Raj. 15:29). Allah penuh anugerah dan tidak membiarkan umat-Nya terus-terusan di dalam situasi kelam. Pelajaran kedua adalah, Allah tidak hanya memulihkan mereka tetapi memberi terang kepada umat-Nya. Terang dari Allah artinya Allah memperkenan mereka kembali, dan menjadikan sebagai perhatian-Nya. Terang juga berarti Allah memberkati dan memberikan tuntunan kepada mereka di jalan kehidupan yang benar, Allah tidak membiarkan mereka terus dalam kegelapan yang menyesatkan jalan hidup mereka. Semua hal ini tergenapi di dalam diri Tuhan Yesus yang adalah Terang Allah bagi dunia berdosa ini. Tuhan Yesus hadir di dunia adalah bukti bahwa Allah tidak membiarkan umat manusia yang sedang ada dalam kegelapan dosa; Allah rindu menuntun manusia berdosa pada kehidupan yang sejati dalam Dia. Oleh karena itu, hendaknya setiap orang menyadari akan hal ini dan datang memberikan diri kepada Tuhan Yesus.

Kita adalah umat Allah yang telah diperkenan, diselamatkan dan dibebaskan-Nya dari perbudakan dosa. Kata Tuhan kepada para pengikut-Nya: mereka adalah terang dunia; artinya adalah pembawa Terang Allah bagi dunia. Karena itu, hendaknya hidup mereka memancarkan terang itu dan memuliakan Allah (Mat. 5:14-16). Dengan demikian setiap orang boleh melihatnya dan dibawa untuk datang kepada Tuhan Yesus, Sang Terang itu.

STUDI PRIBADI: Apa artinya nubuat dan penggenapan yang berkaitan dengan pelayanan Tuhan Yesus ini?

Pokok Doa: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar kehidupan mereka menjadi kesaksian yang baik untuk memancarkan Terang Kristus dan memuliakan Allah dimanapun dan kapanpun. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *