Bersyukur Selalu

Selasa, 2 November 2021

Bacaan hari ini: Hakim-Hakim 5:1-31 | Bacaan setahun: Pengkhotbah 2, Yeremia 10-12



“Dengarlah, ya raja-raja! Pasanglah telingamu, ya pemuka-pemuka! Kalau aku, aku mau bernyanyi bagi TUHAN, bermazmur bagi TUHAN, Allah Israel.” (Hakim-Hakim 5:3)

Bersyukur merupakan hal wajar yang kita rasakan ketika sebagian besar maupun semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita baik atau sesuai dengan harapan kita. Pada masa pandemi covid-19 ini, kita bersyukur karena angka kematian dan penularan berangsur-angsur menurun, artinya sesuai harapan, pandemi semakin mereda. Ketika ada keluarga yang terinfeksi Covid-19, tentu kita bersyukur bila mereka dapat pulih. Namun, dapatkah kita tetap bersyukur bila kenyataan yang terjadi berbeda dari yang kita harapkan? Mampukan kita tetap bersyukur?

Pembacaan hari ini adalah tentang perjalanan iman seorang hakim wanita bernama Debora. Dia adalah hakim keempat dan satu-satunya hakim wanita dalam sepanjang sejarah Israel. Perjalanan iman ini sangat menarik karena menunjukkan bahwa Allah adalah Tuhan yang selalu berkarya dalam hidup hamba-Nya dan memberinya alasan untuk selalu hidup bersyukur kepada-Nya. Pasal 5, menuliskan nyanyian syukurnya. Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan hatinya penuh rasa syukur;

Pertama, ucapan syukur atas pertolongan Tuhan (Hak. 5:4-8). Dalam peperangan yang dipimpin Debora, meskipun pasukan Sisera banyak dan memiliki peralatan yang lebih baik, pertolongan Tuhan nyata terjadi yakni dengan mengacaukan pasukan mereka. Debora melihat bahwa sekalipun kondisi tampak mustahil, Allah memberikan pertolongan. Kedua, Debora bersyukur karena dimampukan menjadi pemimpin bangsa Israel (Hak. 5:11-23). Pada mulanya ia hanya didukung oleh 2 suku yakni Zebulon dan Naftali. Mereka bukanlah suku yang menonjol dan kuat, namun ini tidak membuat Debora mundur. Meskipun tidak semua suku Israel mendukung dia, Allah memampukan Debora mengalahkan musuh. Bangsa Israel menang bukan karena kehebatan mereka, namun karena Tuhan lah yang memberikan kemenangan.

Allah selalu setia kepada umat-Nya, setiap detik kehidupan kita nyata penyertaan-Nya. Hal ini seharusnya memberikan kita alasan untuk selalu bersyukur meski keadaan tidak sesuai harap kita. Tetaplah bersyukur!

STUDI PRIBADI: Apakah hari ini kita ingat untuk bersyukur kepada Allah? Marilah kita mengingat karya-Nya dan bersyukur kepada-Nya.

Pokok Dia: Berdoalah agar Tuhan memampukan kita untuk bersyukur selalu dalam kondisi apapun yang kita alami., sehingga kita bisa melihat tangan pimpinan-Nya di depan kita. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *