Mukjizat : Air Menjadi Anggur Di Kana

Jumat, 1 Oktober 2021

Bacaan hari ini: Yohanes 2:1-11 | Bacaan setahun: Mazmur 148-150, Amsal 1



“Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.” (Yohanes 2:11)

Setiap manusia pasti pernah mempunyai masalah/persoalan di dalam kehidupannya. Masalah dan persoalan yang dimiliki setiap manusia, pasti berbeda-beda. Yang penting adalah bagaimana tiap manusia menyikapi setiap masalah atau persoalan dalam kehidupannya.

Dalam perjalanan pelayanan Tuhan Yesus, Dia juga menyaksikan ada masalah yang sedang dihadapi keluarga yang sedang mengadakan pesta perkawinan di Kana, mereka kehabisan anggur. Di dalam tradisi orang Yahudi, anggur memiliki peranan sangat penting dalam acara perkawinan. Kehabisan anggur adalah kejadian yang memalukan bagi tuan rumah dan juga bagi mempelai yang mengadakan pesta, di hadapan banyak tamunya. Tetapi Tuhan Yesus dengan kasih dan kuasa-Nya memberikan mukjizat-Nya dengan mengubah air tawar menjadi anggur, sehingga banyak orang bersukacita dan bisa menikmati anggur yang sangat enak dan nikmat rasanya. Inilah berita baiknya; ketika ada masalah sebesar apapun, dan di sana ada Tuhan Yesus maka kita yakin akan ada pertolongan. Oleh sebab itu, jika harus menghadapi masalah dalam kehidupan, apakah yang harus kita lakukan?

Pertama, kita harus mengundang Tuhan Yesus dalam hidup. Ingatlah baik-baik bahwa kekuatiran, ketakutan dan kecemasan tidak akan pernah menyelesaikan masalah; sebaliknya semua itu akan membuat kita semakin stress, panik dan akan semakin dikuasai oleh kekuatiran dan ketakutan. Oleh sebab itu, kita harus belajar untuk selalu mengundang Yesus, serta menyerahkan seluruh hidup kita dalam kondisi dan keadaan apapun kepada Tuhan Yesus. Jangan panik, jangan kuatir, beritahu Tuhan Yesus, berdoalah dan naikkan permohonan kepada Tuhan Yesus.

Kedua, tunduklah dan lakukanlah firman Tuhan dalam hidup kita. Dia tidak akan pernah meninggalkan anak-anakNya, Tuhan akan memberikan sukacita, penghiburan dan kepuasan di dalam hidup kita melebihi apapun. Karena hanya Tuhan Yesuslah, sumber kepuasan yang sejati dalam hidup kita, orang percaya.

STUDI PRIBADI: Pelajaran rohani apa yang kita dapatkan ketika merenungkan mukjizat di Kana? Bagaimana respons kita ketika menghadapi masalah dalam kehidupan kita?

Berdoalah: Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk hidup percaya hanya kepada- Mu, berserah dan mengandalkan Engkau ketika menghadapi masalah hidup. Engkaulah sumber Pertolongan yang sanggup menolong kami, Amin.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *