Ketekunan Orang Kudus

Sabtu, 5 Juni 2021

Bacaan hari ini: Wahyu 14:9-13 | Bacaan setahun: 1 Tawarikh 7-8, 2 Korintus 7



“Aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: ‘Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini.’ ‘Sungguh,’ kata Roh, ‘supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka.’” (Wahyu 14:13)

Pada ayat-ayat sebelumnya kita sudah belajar bahwa yang dimaksud dengan binatang dan patungnya itu mengacu kepada kekuasaaan dunia yang menentang Allah. Dan telah dikatakan, bagi mereka yang sudah diperingatkan untuk takut hanya pada Allah dan menyembah hanya kepada-Nya tetapi tetap menolak bahkan kemudian memeteraikan dirinya dengan kuasa yang menentang Allah, maka mereka akan menerima murka Allah. Murka Allah yang dahsyat dan mengerikan ini digambarkan seperti anggur murni tanpa campuran, yang berarti murka Allah tidak diberikan ”tanggung-tanggung” tetapi secara total. Mereka akan disiksa dengan api dan belerang, yang mengacu pada penghukuman kekal.

Selanjutnya dalam ayat 12 ditulis: “Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.” Jelaslah bahwa surat ini ditulis untuk menguatkan jemaat-jemaat yang pada saat itu sedang mengalami penderitaan oleh karena iman mereka. Mereka diingatkan untuk tetap bertekun dalam menaati perintah Allah dan memelihara iman mereka dalam Kristus, sebab bagi mereka yang tetap setia dan bertekun sampai akhir, dalam ayat 13 dikatakan bahwa mereka berbahagia, sebab mereka mati di dalam Tuhan dan kematian mereka tidak sia-sia karena segala perbuatan iman mereka yang setia dan bertahan sampai akhir, menyertai mereka saat mereka kembali kepada Tuhan.

Pada masa sekarang ini, kita mendengar beberapa orang berbalik dari iman mereka, bahkan mungkin orang-orang yang notabene kita kenal selama ini sebagai seorang pemimpin rohani yang baik. Kita memang tidak tahu dengan tepat apa yang mereka alami. Tetapi Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita betapa mengerikan cawan murka Allah yang sedang menanti mereka yang hidupnya menentang Dia. Janganlah kita mengambil bagian dalam kedurhakaan dan kemurtadan; tetaplah setia dalam iman kita karena jerih payah kita tidak akan sia-sia. Kelak tiba waktunya, kita akan beristirahat dengan bahagia di dalam Tuhan.

STUDI PRIBADI: Apakah hukuman yang akan diterima oleh mereka yang menolak beriman kepada Kristus? Apa janji Tuhan bagi mereka yang menuruti perintah Allah dan beriman kepada Kristus?

Pokok Doa: Doakanlah agar jemaat Tuhan bisa terus bertekun dalam iman kepada Tuhan Yesus di tengah godaan dan tantangan yang mereka alami.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *