Kemenangan Yang Memberi Makna

Kamis, 6 Mei 2021

Bacaan hari ini: Wahyu 5:1-5 | Bacaan setahun: 2 Samuel 19-20, Roma 9



“Berkatalah seorang tua-tua kepadaku: Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari Suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya.” (Wahyu 5:5)

Pada zaman Yohanes, kitab-kitab ditulis pada gulungan kitab yaitu lembaran papirus atau kulit binatang, digulung dan dimeteraikan atau disegel dengan tanah liat atau lilin. Dikatakan, Yohanes melihat Kristus sebagai pusat dalam karya penyelamatan Allah, Allah memegang gulungan kitab di tangan kanan-Nya, untuk menyatakan kewenangan kitab itu, dan tidak ada seorangpun baik di sorga, di bumi atau yang di bawah bumi, yang bisa membuka gulungan kitab itu, selain Kristus (5:1-3).

Yesus Kristus digambarkan sebagai seekor “singa” yang melambangkan otoritas dan kekuasaan-Nya, dan “Tunas Daud” yang mengacu kepada Yesus yang berasal dari garis keturunan keluarga Daud. Yesus membuktikan diri-Nya layak untuk membuka meterai dan membuka gulungan kitab tersebut karena telah menjalani hidup dengan ketaatan yang sempurna kepada Allah, mati di kayu salib bagi dosa-dosa dunia, dan bangkit dari antara orang mati untuk menunjukkan kuasa otoritas-Nya dan menang atas kejahatan dan maut.

Apabila tidak ada yang layak untuk membuka gulungan kitab itu, nasib orang percaya akan kelam, maka dari itu Yohanes menangis amat sedih, karena memang tidak ada seorangpun yang layak membuka gulungan kitab itu, satu-satunya yang layak membuka kitab itu adalah Yesus Kristus. Dia-lah Singa Yehuda dengan segala otoritas dan kekuasaan-Nya. Dia-lah yang memiliki kuasa untuk menghakimi dunia dan melindungi umat-Nya.

Melalui Firman Tuhan ini kita bisa belajar bagaimana kuasa dan otoritas Kristus yang menang atas kejahatan dan maut, Dia membuktikan diri-Nya sebagai pribadi yang taat dan juga layak, kemenangan-Nya memberikan makna akan hidup baru bagi setiap kita yang percaya kepada- Nya, kita berhak diajak untuk ambil bagian dalam kemenangan-Nya, bukan karena usaha atau kebaikan kita, melainkan karena Dia telah menjanjikan kehidupan kekal kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Tuhan Yesus akan senantiasa menolong saat kita memilih untuk hidup taat sesuai Firman-Nya.

STUDI PRIBADI: Dari Firman Tuhan ini, kemenangan seperti apa yang kita miliki ketika kita hidup di dalam Kristus, sehingga kita bisa memberi makna untuk orang lain?

Pokok Doa: Berdoalah bagi jemaat, agar hidup bersyukur untuk semua karya Tuhan, dan kemenangan yang dialami bersama Tuhan, menjadikan hidup mereka bermakna, bukan saja untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *