Jemaat Laodika

Senin, 3 Mei 2021

Bacaan hari ini: Wahyu 3:14-22 | Bacaan setahun: 2 Samuel 13-14, Roma 6



“Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!” (Wahyu 3:19)

Yohanes menerima wahyu Tuhan Yesus Kristus untuk tujuh jemaat di Asia Kecil, dengan tujuan agar Yohanes menuliskan nubuat yang diperlihatkan kepadanya ketika di Pulau Patmos. Tujuan dari surat-surat di Asia kecil ini adalah agar jemaat sungguh-sungguh mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan menuruti apa yang tertulis di dalamnya supaya berbahagia dan diberkati. Salah satu suratnya ditujukan kepada Jemaat Laodikia.

Tuhan Allah tahu, sebagai seorang bapak yang mengasihi anak-Nya, Yohanes akan memberikan nasihat jemaat Laodekia yang telah ditawan oleh kekayaan kotanya di tengah-tengah pekerjaan yang dilakukannya, sehingga jemaat di dalam segala pekerjaanya dikatakan: tidak dingin atau panas, suam-suam kuku, maka Allah akan memuntahkan kamu dari mulut-Ku, Tuhan Yesus memuntahkan gereja-Nya dari mulut-Nya. Dalam hal ini, Kristus tidak pandang bulu terhadap gereja-Nya, apabila gereja-Nya tidak sungguh-sungguh mengikut DIA, tidak sungguh-sungguh mengandalkan Dia, sebaliknya gereja-Nya lebih mengandalkan akan kekayaannya sehingga menjadi sombong. Ayat 17 tertulis, “Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa- apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang.”

Zona nyaman telah membius gereja-Nya untuk lebih mencintai kekayaan daripada mengasihi Tuhan Allah sendiri. Mereka sesungguhnya tidak mengasihi Tuhan Allah, tidak mencari-Nya, tidak bersandar kepada-Nya dan mereka tidak mempercayai-Nya dengan segenap hati, jiwa dan kekuatan. Mereka telah mendua hati. Mereka tidak akan tenang di dalam hidupnya, sebab yang diandalkannya adalah kekayaannya dan bukan Tuhan Allah di dalam segenap pekerjaannya. Tuhan Allah berkata kepada gereja-Nya, milikilah iman yang benar, iman yang telah teruji, iman yang murni. Tidak ada pertobatan tanpa pengampunan dari-Nya.

STUDI PRIBADI: Apakah yang menjadi teguran Tuhan bagi jemaat di Laodekia? Sebaliknya apakah yang Tuhan kehendaki untuk dimiliki jemaat di Laodekia?

Berdoalah: Ya Bapa kami yang ada di surga, kiranya Engkau memampukan kami untuk senantiasa hidup taat kepada perintah-Mu dan mengandalkan-Mu, Amin. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *