Hai Orang Kaya, Menangislah! Merataplah!

Selasa, 09 Maret 2021

Bacaan hari ini: Yakobus 5:1-6 | Bacaan setahun: Bilangan 35-26, Lukas 24



“Jadi sekarang hai kamu orang-orang kaya, menangislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kamu!” (Yakobus 5:1)

Eits, jangan berpikiran negatif dengan ayat 1! Yakobus tidak iri hati kepada orang kaya, sehingga ia mengecam atau mengutuk semua orang kaya pada masa itu. Di sini, Yakobus ingin memperingatkan umat Tuhan di perantauan yang kaya memiliki banyak emas dan perak, namun bertindak tidak adil terhadap orang-orang lemah dan miskin. Yakobus mendapati beberapa tindakan keji orang-orang kaya pada waktu itu, yaitu: menahan upah buruh yang telah menuai hasil ladangnya, hidup dalam kemewahan dan berfoya-foya, menghukum dan bahkan membunuh orang benar yang lemah.

Semua perbuatan keji para orang kaya tersebut telah sampai di telinga Tuhan dan ini sangat mendukakan hati Tuhan. Oleh karena itu, Yakobus memperingatkan dengan serius bahwa apa yang mereka miliki akan bersaksi melawan mereka pada hari penghakiman nanti dan semuanya akan binasa tanpa sisa. Ini sangat menyedihkan.

Tidak dapat disangkal, hari ini pun banyak orang kaya yang sombong, berbuat tidak jujur (curang), tidak adil dan semena-mena, dan bahkan ada yang semakin tamak dan egois. Hati mereka telah dikuasai harta mereka, termasuk orang-orang Kristen. Ini sangat menyedihkan, karena mereka telah GAGAL mengelola berkat yang Tuhan berikan. Nasihat yang sama diberikan Rasul Paulus kepada Timotius dan jemaat di Efesus di dalam 1 Timotius 6:17-19, yaitu agar orang-orang kaya tidak menjadi sombong dan mengandalkan kekayaan mereka, sebaliknya mereka diharapkan kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi serta mengumpulkan harta di surga. Dalam Lukas 12:15, Tuhan Yesus memperingatkan tentang hal ketamakan, demikian: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.”

Ya, kiranya Allah Roh Kudus memberikan hikmat kebijaksanaan kepada umat-Nya agar dapat mengelola berkat dari Tuhan untuk berbuat kebaikan dan memuliakan Tuhan.

STUDI PRIBADI : Apakah nasihat Yakobus kepada orang-orang Kristen waktu itu berkaitan dengan kekayaan dan ketamakan?

Berdoalah : Tuhan Yesus, tolong kami agar dapat menggunakan kekayaan yang Tuhan anugerahkan kepada kami dengan benar untuk dapat melayani sesama kita, Amin.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *