Menjadi Pendengar Dan Pelaku Firman

Minggu, 28 Februari 2021

Bacaan hari ini: Yakobus 1:19-27 | Bacaan setahun: Bilangan 17-18, Lukas 15



“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya menjadi pendengar saja …” (Yakobus 1:22)

Pendengar yang baik sangat dibutuhkan, terutama ketika orang lain sedang menyampaikan pesan kepadanya. Semua orang yang serius mendengarkan pesan, dapat dipastikan ia dapat menangkap pesan itu jauh lebih baik daripada mereka yang kurang serius.

Namun demikian, dalam hubungannya dengan kehidupan iman dan perilaku hidup orang Kristen, nampaknya mendengar saja tidak cukup. Pada satu sisi, Yakobus mengingatkan kita, agar kita menjadi pendengar yang baik, bahkan lamban untuk berkata-kata! Dengan menjadi pendengar yang baik, kita akan mengerti kebenaran, terutama dalam mendengarkan firman Tuhan. Memang bagi mereka yang suka mengajar orang lain, mereka akan lebih mudah berkata-kata daripada mendengar. Namun, jika mereka mau mendengar dan lamban berkata-kata, maka mereka akan mengerti persoalan dengan lebih jelas. Ini berarti: mendengar memang lebih baik. Namun menjadi pendengar saja, tidaklah cukup! Apalagi jika kita suka mendengar firman Tuhan, tetapi tidak menjadi pelakunya.

Yakobus mengingatkan kita, agar kita menjadi pendengar yang baik; dan juga menjadi pelaku yang setia terhadap firman Tuhan yang telah kita dengarkan. Jika kita hanya mendengar firman, tetapi tidak melakukannya; maka kita seumpama orang yang bercermin, kemudian melupakan wajah kita sendiri, sehingga kita tidak tahu kekurangan kita atau keburukan kita. Banyaknya persoalan dalam kehidupan Kristen bukan karena mereka kurang mendengarkan firman Tuhan, melainkan karena mereka kurang menjadi pelaku firman Tuhan.

Itu sebabnya, Yakobus menodorong kita untuk mejadi pelaku firman, sebab menjadi pelaku firman adalah bagian ibadah kita. Dengan menjadi pelaku firman, kita menjadi peka terhadap kebutuhan orang lain (seperti mengunjungi anak yatim piatu), atau menjadi pelaku kebenaran, sehingga hidup kita berkenan kepada Tuhan. Maukah Anda menjadi pendengar yang baik, sekaligus menjadi pelaku yang setia akan firman Tuhan? Mari kita bertumbuh dalam iman dengan melakukan firman Tuhan.

STUDI PRIBADI :
(1) Mengapa menjadi pendengar yang baik adalah penting?
(2) Mengapa menjadi pendengar yang baik saja tidak cukup, dan perlu menjadi pelaku firman?

Pokok Doa : Berdoa bagi jemaat agar mereka tidak hanya rajin mendengar dan belajar firman Tuhan, tetapi mereka juga menjadi pelaku yang setia dari firman Tuhan yang mereka dengarkan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *