Pentingnya Kesaksian Hidup

Selasa, 22 Desember 2020

Bacaan hari ini: 1 Timotius 3:8-13 Bacaan setahun: Mikha 6-7



“Karena mereka yang melayani dengan baik beroleh kedudukan yang baik sehingga dalam iman kepada Kristus Yesus mereka dapat bersaksi dengan leluasa.” (1 Timotius 3:13)

Ketika menulis renungan ini, saya sedang mendengarkan curahan hati salah seorang pemusik gereja yang dulu pernah aktif melayani. Dia memutuskan berhenti melayani karena tersandung dengan sikap hidup pelayan Tuhan yang lebih senior. Para Diaken telah diangkat oleh gereja menjadi bagian dari tim kepemimpinan seharusnya memiliki keteladanan di dalam kehidupan, namun ternyata dalam kehidupan setiap harinya, sangat beda. Integritas dalam pekerjaan patut dipertanyakan, komitmen terhadap keluarga menjadi bahan pergunjingan.

Diaken, menurut surat Rasul Paulus kepada Timotius, adalah orang yang ditunjuk untuk melaksanakan penatalayanan jemaat. Mereka ditunjuk secara khusus untuk bekerjasama membantu penilik jemaat dalam penyelenggaraan peribadatan dan memelihara keluarga Allah. Pelayanan pengajaran dan pastoral menjadi efektif ketika dilaksanakan bersama oleh penilik jemaat dibantu oleh para diaken. Bahkan di dalam perikop ini juga disebutkan, bahwa para perempuan juga ditunjuk untuk menjadi diaken.

Seperti layaknya seorang penilik jemaat, syarat untuk menjadi diaken pun sama sulitnya! Para diaken harus memiliki kehidupan moral yang baik, sifat-sifat baik terhadap sesama, dan kedewasaan rohani teruji. Walaupun diaken lebih banyak dilibatkan dalam hal praktis di luar pengambilan keputusan, kepada mereka dituntut standar hidup yang kurang lebih sama tingginya dengan syarat untuk menjadi penilik jemaat. Tingkah laku pribadi, kualitas pelayanan, bahkan kondisi keluarga mereka yang terurus dengan baik — menjadi hal yang harus diperhatikan oleh para diaken — meskipun mereka “hanya” seorang pelaksana pelayanan, dan bukan pengambil keputusan.

Mengapa Paulus menuntut agar hal ini diperhatikan oleh Timotius? Jawabnya, tidak lain karena kemuliaan kasih dan kekudusan Allah haruslah kita pantulkan secara cemerlang dan konsisten dalam hidup kita. Pantulan Kristus yang hidup dalam kita memberikan keleluasaan untuk menyaksikan kasih-NYA, Injil Tuhan Yesus yang ajaib dan hebat itu! Soli Deo Gloria!

STUDI PRIBADI : Besar atau kecil pelayanan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kehidupan sehari-hari. Apakah hidup kita telah memancarkan kasih & kebenaran Tuhan?

Berdoalah : Mohon agar Roh Kudus menolong kita untuk hidup kudus dan berkenan, sehingga kita tidak tersandung ataupun menyebabkan orang lain tersandung untuk datang kepada Yesus. Tolonglah kami, Tuhan! Amin.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *