Perilaku Etis Jemaat Kristus

Sabtu, 12 Desember 2020

Bacaan hari ini: 1 Tesalonika 5:12-28 | Bacaan setahun: Hosea 7-9



“Jauhkan dirimu dari segala jenis kejahatan.” (1 Tesalonika 5:22)

Bagian terakhir dari surat pertama Paulus kepada jemaat Tuhan di Tesalonika berisikan nasihat-nasihat praktis yang menolong mereka mengembangkan perilaku kehidupan etis sebagai sebuah komunitas orang percaya. Nasihat-nasihat itu antara lain:

Pertama, menghargai pemimpin rohani, khususnya yang telah bekerja keras dalam pelayanan dan memimpin jemaat dalam iman dan pengharapan di dalam Tuhan Yesus. Paulus menasihatkan agar kepada mereka diberikan penghormatan dan penghargaan, yang disertai dengan hidup damai antara yang satu dengan yang lainnya (ay. 12-13); kedua, menegur dan membimbing mereka yang tidak tertib dalam hidupya. Menghibur mereka yang tawar hati karena kesesakan hidup; bahkan Paulus mendorong mereka untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, melainkan senantiasa melakukan yang baik terhadap semua orang (ay. 14-15); ketiga, membangun ketahanan rohani dengan bersukacita senantiasa, dimana tidak membiarkan diri terpuruk dalam kekuatiran, melainkan meletakkan pengharapan di dalam Tuhan, dengan tetap berdoa dan mengucap syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah dalam Yesus Kristus, Tuhan kita (ay. 16-18); keempat, bersemangat dan tetap waspada, baik dalam berhadapan dengan ajaran sesat maupun segala kejahatan, sebab kita adalah anak-anak terang, yang telah ditebus menjadi milik Tuhan.

Bagaimana kehidupan kita pada masa kini sebagai komunitas jemaat Tuhan? Apakah nasihat-nasihat praktis ini telah kita kerjakan? Merespons firman Tuhan ini, marilah kita membangun perilaku etis komunitas orang percaya, yang dibangun sesuai dengan tuntunan firman Tuhan, agar kehidupan kita sebagai anak-anak terang semakin nyata memancarkan kebaikan dan kasih Tuhan. Kiranya melalui kehidupan kita, banyak orang melihat terang kasih Tuhan dan kita dipakai Tuhan untuk membawa mereka kepada keselamatan di dalam Dia. Jangan putus asa, bekerja-samalah dan saling membangun antara satu dengan lainnya. Amin.

STUDI PRIBADI:
(1) Bagaimana perilaku etis komunitas orang percaya yang diharap Paulus dari jemaat di Tesalonika?
(2) Apa yang bisa kita terapkan dalam kehidupan masa kini?

Pokok Doa : Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka memiliki perilaku etis yang penuh kasih dan kebenaran, serta saling membangun sebagai saudara seiman, dan dengan tulus menghargai pemimpin rohani.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *