Saling Menolong Di Dalam Tuhan

Selasa, 03 November 2020

Bacaan hari ini: Galatia 6:1-10 | Bacaan setahun: Pengkhotbah 3, Yeremia 13-15



“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” (Galatia 6:2)

Hari ini, kita hidup pada zaman yang serba individualistis. Kita hidup hanya bagi kepentingan diri kita sendiri dan keluarga kita. Sangat jarang kita terdorong melihat ke kanan-kiri dan menolong orang-orang di sekitar kita. Terutama ketika kita berbicara tentang pertumbuhan karakter dan pembentukan kita untuk meninggalkan dosa menjadi serupa Kristus. Tetapi ide dari Tuhan di dalam kekristenan, kita seharusnya tidak berjuang sendirian. Setiap kita diselamatkan untuk dijadikan satu di dalam keluarga Allah sehingga bisa saling mengasah dan menolong satu sama lain. Kelemahan seseorang ditopang oleh kelebihan orang lain, sehingga bersama-sama kita bertumbuh semakin dewasa di dalam Tuhan.

Paulus di dalam Galatia 6 menegaskan kebenaran ini, kita didorong untuk bertolong-tolongan di dalam menanggung beban kita (ay. 2). Karena tidak ada satu pun di antara kita yang sempurna, sehingga tidak patut kita menghakimi dan menjatuhkan orang lainnya (ay. 3-4). Kita sama-sama bergumul dan membutuhkan anugerah Allah serta pertolongan satu sama lain. Di ayatnya yang pertama, Paulus berkata: kalau seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kita yang lebih kuat dan rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut (ay. 1a). Selain menolong orang lain, kita pun diingatkan untuk menjaga diri kita sendiri, agar kita pun bisa menjadi teladan dan tidak jatuh dalam pencobaan yang sama (ay. 1b).

Inilah keindahan gereja Tuhan. Ketika kita sadar bahwa kita bukanlah orang yang sempurna dan kita membutuhkan orang lain, kita akan terhindarkan dari kesombongan. Dan melalui kebenaran ini, kita diyakinkan bahwa kita tidak perlu berlelah-lelah menampilkan pesona dan menunjukkan bahwa kita sempurna. Kita dapat dengan terbuka saling membagi pergumulan dan mendukung satu sama lain. Indahnya gereja Tuhan bila kita bersama boleh bergandeng tangan dan bertolong-tolongan di dalam perjalanan kita mengikut Tuhan.

STUDI PRIBADI :
(1) Apakah Anda memiliki sahabat yang dapat menolong Anda bertumbuh di dalam Tuhan?
(2) Carilah 1 atau 2 orang yang bisa Anda percaya dan beranikan diri untuk minta didoakan dan didukung dalam pergumulan kita saat ini.

Pokok Doa : Berdoalah untuk orang-orang Kristen agar boleh memiliki komunitas yang sehat dan aman, dimana mereka bisa saling mendukung dan menolong satu sama lain.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *