Kekuatan Beragam Untuk Satu Tujuan

Senin, 21 September 2020

Bacaan hari ini: 1 Korintus 12:1-31 | Bacaan setahun: Mazmur 119:89-176, Wahyu 21



“Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.” (1 Korintus 12:11)

Keberagaman adalah sebuah realita kehidupan yang nyata dan tidak bisa kita pungkiri. Tidak ada satupun individu yang dilahirkan sama persis, masing-masing memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Tuhanlah yang menganugerahkan kepada kita keberagaman ini. Keunikan dan ciri khas yang memiliki potensi, dengan tuntunan Roh Kudus, diolah secara maksimal sesuai dengan rancangan Tuhan atas hidup kita (ay. 4).

Natur keberdosaan kita – bahwa semua manusia telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Rm. 3:23) membuat kita cenderung untuk melawan kesatuan dalam keberagaman ini. Kita cenderung untuk menikmati dan bangga secara berlebihan akan karunia kita, sehingga lupa kepada Sang Pemberi Karunia – dan melupakan tujuan pemberian karunia ini. Kita cenderung untuk memisahkan diri dari keberagaman, memilih untuk berada dalam zona nyaman. Padahal, di dalam zona nyaman, keberagaman tetap tak terhindarkan. Kita melupakan panggilan untuk menjadi satu dalam tubuh Kristus!

Keberagaman menjadi sebuah kekuatan yang dapat dipergunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang telah ditetapkan Allah bagi masing-masing kita secara khusus. Untuk beragam pekerjaan inilah, kita dikaruniai beragam macam talenta. Di dalam satu Roh, dan hanya oleh tuntunan Roh Kudus, keberagaman ini disatukan dalam satu tubuh Kristus, “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya” (ay. 27). Inilah pesan Ilahi yang dituliskan Rasul Paulus kepada jemaat Korintus dalam perikop ini. Marilah kita menyingkirkan perbedaan-perbedaan yang membuat kita terpecah satu dengan yang lainnya, keluarlah dari zona nyaman, dan mengarahkan pandangan kepada Tuhan Yesus Kristus. Dia yang telah mengorbankan Diri-Nya untuk menebus kita dari belenggu dosa, dan menyatukan kita dalam Roh-Nya untuk mengerjakan beragam hal besar yang telah dirancangkan-Nya dalam hidup kita. Soli Deo Gloria!

STUDI PRIBADI :
(1) Sudahkah Anda menemukan bahwa TUHAN menciptakanmu unik dan berbeda satu untuk suatu tujuan hidup sesuai rencana-Nya?
(2) Datanglah kepada Tuhan Yesus, mintalah kepada-Nya agar Roh Kudus menyadarkan kita bahwa perbedaan adalah sebuah kekuatan untuk mengerjakan beragam pekerjaan-Nya.

Pokok Doa : Berdoalah agar kita tidak terpecah-belah karena keberagaman, memohon tuntunan Roh Kudus untuk menemukan keunikan karunia serta hikmat ilahi untuk menyatukan dalam keberagaman anggota tubuh Kristus. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *