Kesetiaan Seorang Murid

Rabu, 27 Mei 2020

Bacaan hari ini: Yohanes 18:12-27 | Bacaan setahun: 2 Raja-Raja 15-16, 1 Korintus 14



“Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” (Markus 8:34)

Dalam bagian ini, Yohanes menceritakan bagaimana Tuhan Yesus mengalami penghinaan dan siksaan dan penyangkalan seorang murid kepada Yesus, setelah Yesus ditangkap, diikat dan dibawa ke Hanas untuk diadili.

Dalam bagian ini dicatat dua orang murid mengikuti Yesus. Meskipun mereka berani tetap mengikut Yesus kemanapun Yesus dibawa, salah satu dari mereka tidak mengakui Yesus sebagai orang yang ia kenal, dan orang itu adalah Petrus. Petrus melakukan ini karena dia juga takut. Mengapa? Karena orang yang selama ini bersama dengannya, ditangkap dan sedang diinterogasi. Petrus telah gagal dalam mengikut Yesus. Dalam gejolak batin antara rasa takut dan rasa cinta kepada Yesus, Petrus memilih untuk menyelamatkan dirinya. Petrus berusaha menyembunyikan identitasnya sebagai pengikut Yesus.

Kita jangan hanya fokus kepada ketidaksetiaan Petrus; kita juga harus melihat: Petrus akhirnya juga menyadari akan kesalahannya. Dalam Injil lain dicatat: Petrus keluar dan menangis, sebuah penyesalan dalam dirinya karena telah menyangkal Yesus. Dia menyerahkan dirinya kepada Kristus. Petrus telah setia dalam pelayanannya kepada Kristus. Petrus menyadari kesalahannya, dan reaksinya adalah pergi ke luar dan menangis dengan sedih. Ada penyesalan dan keinginan untuk bertobat. Pada akhirnya, kita melihat bahwa Petrus dipulihkan dan diperbaharui.

Seorang murid yang setia adalah murid yang tetap mempertahankan imannya walaupun nyawanya terancam. Kita sebagai orang Kristen belajar untuk tetap setia kepada Tuhan, walaupun mungkin kita akan mengalami ancaman. Janganlah kita menyangkali iman kita atau menukar iman kita dengan apa yang ada di dunia ini seperti kekayaan, atau mungkin pada saat ini kita masih menyimpan dosa-dosa yang membuat Tuhan kecewa. Marilah kita membuang semua itu dan belajarlah untuk menjadi murid yang setia dalam mengikut Yesus.

STUDI PRIBADI :
(1) Apa yang dilakukan oleh Petrus ketika Yesus ditangkap?
(2) Apa yang dilakukan oleh Petrus setelah dia menyadari apa yang diperbuat?

Pokok Doa : Berdoalah bagi jemaat Tuhan supaya tetap hidup setia mengikut Kristus walaupun mengalami ancaman atapun pergumulan dalam hidup mereka.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *