Apakah Aku Domba-Nya ?

Senin, 11 Mei 2020

Bacaan hari ini: Yohanes 10:22-42 | Bacaan setahun: 1 Raja-Raja 5-6, Roma 14



“Tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku.” (Yohanes 10:26-27)

Orang-orang Yahudi merasa bimbang dan menginginkan kepastian mengenai siapakah Yesus sesungguhnya. Karena itu, secara terus terang mereka bertanya kepada Yesus: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jika Engkau Mesias, katakan terus terang kepada kami” (ay. 24). Kita cermati apa tanggapan Yesus.

Yesus menjawab dan menjelaskan mengenai siapakah diri-Nya yang sesungguhnya, “Aku telah mengatakannya kepada kamu.” Sesungguhnya, sebelumnya Yesus juga telah menyatakan secara tidak langsung kepada mereka bahwa diri-Nya adalah Mesias, Anak Allah (Yoh. 4:25-26), dan masih banyak lagi yang telah Yesus nyatakan kepada mereka mengenai diri-Nya (Yoh. 2:19; 5:17 dst, Yoh. 5:39; 6:32 dst; Yoh. 8:24,28 dst, Yoh. 8:56; 9:37). Namun, tetap saja mereka tidak percaya. Bahkan, Yesus pun menyatakan bahwa pekerjaan-pekerjaan yang Ia lakukan adalah di dalam nama Bapa-Nya. Sesungguhnya semua ini memberikan kesaksian tentang siapa diri-Nya. Walaupun demikian, tetap saja mereka tidak percaya.

Yesus menyampaikan sebuah ilustrasi menarik yang ditujukan-Nya bagi orang-orang Yahudi itu, bahwa bisa saja mereka yang menganggap diri mereka adalah umat pilihan ternyata tidak termasuk di dalam kawanan “domba-domba” yang sesungguhnya, yang nantinya beroleh keselamatan (ayat 26), karena jika mereka adalah domba-domba-Nya, pastilah mereka mau mendengarkan-Nya (ayat 27). Karena, domba-domba-Nya mengenal dan mengikuti-Nya.

Berbahagialah orang yang termasuk dalam kawanan domba-Nya, yakni mereka yang dikenal dan mengenal-Nya, yang mendengarkan-Nya dan yang percaya kepada-Nya, dan yang mengikuti-Nya. Kepada mereka Yesus menjanjikan kehidupan yang kekal. Apakah saudara termasuk di dalam kawanan domba gembalaan-Nya? Jikalau ya, maka berbahagialah saudara dan saya. Karena kita adalah orang-orang yang dikaruniai-Nya dan ditetapkan-Nya menjadi milik-Nya dan termasuk dalam domba-domba gembalaan-Nya. Terpujilah Tuhan!

STUDI PRIBADI : Siapakah yang dimaksud dengan domba-domba-Nya? Bagaimana ciri-ciri yang disebut sebagai domba-domba Kristus?

Berdoalah : Tuhan Yesus, terima kasih atas keselamatan yang sudah Engkau nyatakan kepada kami. Tolong kami, kawanan domba-Mu agar tetap ada dalam jalan-Mu. Tuntunlah Kami selalu. Amin. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *