Pertentangan

Senin, 04 Mei 2020

Bacaan hari ini: Yohanes 7:37-44 | Bacaan setahun: 2 Samuel 15-16, Roma 7



“Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: ‘Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.’ Yang lain berkata: ‘Ia ini Mesias.’ Tetapi yang lain lagi berkata: ‘Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!’” (Yoh. 7:40-41)

Pada puncak dari perayaan pondok Daun, Tuhan Yesus memberikan suatu ajaran cukup penting: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!” (Yoh.7:37). Kemudian, mengapa perkataan ini mendatangkan pertentangan antara orang-orang yang percaya kepada perkataan Yesus dengan orang Farisi yang menentang Yesus? Apakah hubungannya dengan hari raya Pondok Daun yang sedang dirayakan pada saat itu? Ingat, dalam perayaan Pondok Daun, orang Israel tinggal di dalam pondok-pondok tersebut selama tujuh hari dan mereka membawa 4 jenis tanaman yang diasosiasikan dengan air yang mengalir dan datangnya hujan yang memberi kehidupan, yaitu: buah limau, bagian dari pohon dedalu, daun palem dan cabang pohon myrtle.

Ketika Tuhan Yesus berkata, “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!”, di sini Tuhan Yesus sedang mengajarkan sesuatu yang baru. Bila di dalam perayaan Pondok Daun orang Israel memperingati keluarnya bangsa itu dari Mesir — di mana di dalam perayaan itu mereka mengharapkan air yang mengalir dan datangnya hujan dari Tuhan, sekarang sumber kehidupan itu sendiri hadir di depan mereka. Bagi mereka yang dianugerahi Tuhan untuk percaya, mereka percaya dengan apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus; sementara ada sebagian orang yang hidupnya percaya dengan tradisi dan memahami Taurat secara ketat tidak percaya dengan apa yang katakan oleh Tuhan Yesus. Inilah yang kemudian mendatangkan pertentangan yang hebat.

Bagaimanakah dengan kita hari ini? Adakah kita hidup di dalam pertentangan? Banyak orang-orang Kristen yang melayani terlibat di dalam pertentangan satu dengan yang lainnya. Bukan karena ajaran Yesus, tetapi karena jabatan dan karena ingin mendapatkan pengikut yang banyak di dalam gereja. Tentu ini bukan hal yang baik. Ingatlah, sebagai pengikut Kristus, kita hidup dengan memberi teladan. Apa yang kita imani, sesuai dengan yang diajarkan Yesus, sebagaimana tertulis di dalam Alkitab, itulah yang harus kita hidupi. Biarlah Kristus yang tetap dimuliakan, Amin.

STUDI PRIBADI: Apakah yang menyebabkan terjadi pertentangan di antara orang-orang yang mendengar perkataan Tuhan Yesus?

Pokok Doa : Berdoalah bagi para pemimpin gereja agar mereka tetap dapat menjaga kemurnian ajaran Kristus dan hidup sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *